Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Monday, August 8, 2011

Ubi jalar obat seroptalmia

UBI jalar OBAT seroptalmia, luka, sembelit, gout, osteoporosis,arthritis, dan masuk angin
oleh Tarmizi, BSc. S.Pd

          Ubi jalar adalah tumbuhan menjalar atau merambat dengan helaian daun menjari seperti telapak. Kalau dibiarkan terus, maka cabang-cabangnya akan menutupi tanah, makin lama makin luas. Varietasnya cukup banyak, begitupun warna umbinya. Ada yang bewarna kuning, putih, merah, dengan bentuk lonjong sampai bulat atau pipih.
Ubi jalar
          Orang Sumatera menyebut ubi jalar dengan gadong, piek, gadung enjalor, gadung jalur, katelo, ubi jalah, ubi katelo, ubi pelo, tetilo, balading. di Jawa disebut huwi boled, huwi mantang, katelo, katela, katela rambat, tela, sabrang, sabhrang longgha, sementara di Kalimantan sebagai katila. Orang Nusatenggara mena-makannya kesele, ambon, ubi kapal, katabang, uwi hiwu jawa, batata. Di Sulawesi disebut bage, batata melosong, atetela, lame jawa, lame kamumu, lame kandora, sementara di Maluku disebut ihim basala, uwi kastela, kastera, kaitela, asitela, patatas, mangat, sedangkan di Irian sebagai sabakruwa, ningoi, gumi, dan gumini.          Ubi jalar Ipomoea batatas Poiret, termasuk famili Convolvulaceae. Nama simplisia untuk daun ubi jalar adalah Batatasae Folium. Umbinya mengandung zat pati, gula, zat lemak, ipomain, fitoster-ol, karoten, vitamin A, B dan C, pektin, zat putih telur. Daun ubi jalar berkhasiat untuk mempercepat pemasakan (bisul).
Obat luka bakar
     Ambil dan cucilah 1/3 genggarn daun sahit dan 1/3 gengam ubi jalar merah. kemudian digiling sampai halus. Jika telah halus diremas dengan dua sendok makan minyak kayu putih dan satu sendok makan minyak nyamplung.
     Campuran ini ditempelkan pada luka itu. Cara mernakainya ialah dua kali sehari.
Obat Seroptalmia
          Parutlah sebuah ubi jalar merah, parut dan parutan itu diremas dengan air masak 3 sendok makan dan madu 2 sendok makan. Kemudian diperas dan disaring untuk diambil airnya. Air perasan ini diminum 3 kali sehari.
Obat luka kena benda tajam
          Ambillah sepertiga genggam daun ubi jalar, dicuci dan digiling sampai halus. Campurkan dengan sedikit air kapur sirih, kemudian ditempelkan pada luka dan dibalut. Obat ini dipakai 2 kali sehari.
Sulit Buang Air Besar (Sembelit)
          Sembelit adalah keadaan keterlambatan atau kesulitan pengosongan isi perut yang terjadi akibat feses terlalu keras atau volume feses terlalu kecil.
          Sembelit biasanya disebabkan oleh kebiasaan mengkonsumsi makanan yang rendah kadar serat dan airnya atau kebiasaan mengabaikan keinginan buang air besar.
          Pengobatan: 60 gram daun ubi jalar direbus dengan air secukupnya kemudian airnya diminum selagi hangat dan daunnya dapat dimakan.
Asam Urat Tinggi (Gout)
          Serarigan nyeri akibat gout (asam urat tinggi) seringkah terjadi mendadak saat tidur, yang biasanya menyerang ibu jari kaki dan tumit, dan lutut. Daerah di sekitar persendian memerah,bengkak, dan mengkilat.
          Hal-hal yang perlu dilakukan untuk menghindari asam urat tinggi antara lain: Mengurangi pengkonsumsian jeroan, daging, kacang, kol, kembang kol, kangkung, bayam, rebung, es, daging kambing, emping/melinjo, kerang, dan lain-lain.Menghindari minuman beralkohol. Memperbanyak minum air.
          Gout adalah sejenis artritis yang disebabkan oleh pengenIdapan asam urat pada persendian. Asam urat merupakan hasil metabolisme yang mengalir melalui peredaran darah. jika kadaT asain urat terlalu tinggi atau terlalu sedikit yang dibuang melalui air kencing, akan terbentuk kristal-kristal kecil dan akan mengendap pada salah satu persendian hingga menimbulkan rasa nyeri yang amat sangat, ben-kak di sekitar persendian, dan terjadinya kelainan bentuk persendian.
          Pengobatan: 200 gram ubi jalar merah, 5 butir kapulaga, 5 butir cengkeh, 1 butir biji pala, 1 ruas ibu jari kayu manis, 15 gram jahe merah, 10 butir merica, dan gula merah secukupnya direbus dengan 1 ½ liter air hingga tersisa ½ liter. Airnya diminum selagi hangat dan ubinya dapat dimakan. Lakukan secara teratur 2 kali sehari.
Keropos Tulang (Osteoporosis)
Gejala keropos tulang tidak khas, hanya menimbulkan rasa pegal-pegal, dan baru dapat diketahui setelah tulangnya patah.
          Keropos tulang terjadi karena kekurangan mineral kalsium. Kalsium merupakan mineral yang sangat dibutuhkan dalam pembentukan komponen tulang.
Pengobatan:
·         200 gram ubi merah, 5 butir kapulaga, 5 butir cengkeh, I ruas ibu jari kayu manis, 5 ruas jahe merah, 10 butir merica, dan 200 cc susu segar dimasak kolak kernudian ubi merah beserta kuahnya dimakan. lakukan secara, teratur 2 kali sehari.
Radang Sendi (Artritis)
 Radang sendi merupakan gangguan yang biasa terjadi pada orang tua yang disebabkan oleh proses menua. Pada osteoarthritis sendi-sendi kehilangan pembungkus halus kartilago atau terdapat pertumbuhan tulang di sekitar sendi, sehingga mengganggu gerakan dan menimbulkan rasa sakit.
          Pada artritis jenis artritis reatoid , terja peradangan pada persendian sehingga persendian menjadi bengkak dan sakit. lika tidak segera teratasi, dapat terjadi kelainan bentuk, terutama pada jari-jari dan tangan. Artritis jenis ini gejalanya adalah rasa lelah, berat badan turun, kulit sembap, sendi b,erwarna merah dan peka terhadap sentuhan, kaku dan sakit pada persendian yang biasanya juga disertai perasaan dingin yang disebabkan oleh gangguan sirkulasi darah.
          Artritis umumnya disebabkan oleh proses menua, namun dapat juga disebabkan oleh kecelakaan dan kelebilian berat badan.
          Pengobatan: 200 gram ubi jalar merah, 5 butir kapulaga, 5 butir cengkeh, I butir biji pala, I ibu jari kayu manis, 15 gram jahe merah, 10 butir merica dan gula merah secukupnya direbus dengan 1liter air hingga tersisa ½ iter, kemudian airnya diminum selagi hangat dan ubinya dapat dimakan.
30 gram sambiloto dan 30 gram temu lawak direbus dengan 600 cc air hingga tersisa '000 cc, kernudian airnya diminurn selagi hangat. Lakukan secara, teratur 2 kali sehari.
Masuk angin
          Masuk angin merupakan gangguan umum yang dapat terjadi pada setiap orang. Gejala masuk angin adalah perut kembung, kepala pusing, berkeringat dingin, dan lain-lain. Akan tetapi, hal ini clapat juga merupakan gejala dari penyakit lain. Biasanya masuk angin juga diiringi rasa mual dan terasa pahit jika lidah mengecap makanan.
          Masuk angin dapat terjadi karena perut kosong, kurang tidur.. terkena angin malam, kehujanan, pencernaan makanan yang kurang baik, dan lain-lain.
  Pengobatan: 200 gram ubi merah (dikupas dan dipotong-potong), 15 gram jahe merah/jahe biasa, 1 butir biji pala (dimemarkan), 5 butir cengkeh, 10 butir kapulaga, 1 ibu jari kayu manis, 10 butir merica, dan gula merah secukupnya direbus dengan air secukupnya. Tunggu hingga airnya hangat lalu diminum dan ubinya dimakan. .Lakukan secara, teratur 2 kali sehari.
Dari berbagai sumber (Tarmizi, BSc)

Kandungan Gizi Ubi jalar atau ketela rambat atau sweet potato


Ubi jalar atau ketela rambat atau sweet potato (Ipomoea batatas L.) adalah sejenis tanaman budidaya. Bagian yang dimanfaatkan adalah akarnya yang membentuk umbi dengan kadar gizi (karbohidrat) yang tinggi. Di Afrika, umbi ubi jalar menjadi salah satu sumber makanan pokok  yang penting. Di Asia, selain dimanfaatkan umbinya, daun muda ubi jalar juga dibuat sayuran. Terdapat pula ubi jalar yang dijadikan tanaman hias karena keindahan daunnya.
Bunga ubi jalar.

Ubi jalar berasal dari Amerika Selatan tropis dan, yang masih diperdebatkan, Papua. Kalangan yang tidak menyetujui asal muasal ubi jalar dari Papua berpendapat bahwa orang Indian telah berlayar menuju ke barat melalui Samudra Pasifik dan membantu menyebarkan ubi jalar ke Asia. Proposal ini banyak ditentang karena bertentangan dengan fakta-fakta klimatologi dan antropologi.

Ubi jalar bahkan dapat dijadikan sebagai bahan makanan alternatif bagi pasien penyakit tertentu di rumah sakit. tepung ubi jalar lebih mahal daripada tepung gandum (terigu).

Nama umum
Indonesia:    Ubi jalar, ketela, ketela rambat, telo rambat (Jawa), patatas (Papua), mantang (Sunda)
Inggris:    Sweet potato
Melayu:    Ubi keledek
Thailand:    Phak man thet
Pilipina:    Kamote
Jepang:    Satsumaimo



Nilai kandungan gizi Ubi Jalar per 100 g (3.5 oz) 
Energi 360 kJ (86 kcal)
Karbohidrat 20.1 g
Pati 12,7 g
Gula 4.2 g
Diet serat 3,0 g
Lemak 0,1 g
Protein 1,6 g
Vitamin A equiv. 709 mg (79%)
- Beta-karoten 8509 mg (79%)
- Lutein dan zeaxanthin 0 mg
Thiamine (Vit. B1) 0,1 mg (8%)
Riboflavin (Vit. B2) 0,1 mg (7%)
Niacin (Vit. B3) 0,61 mg (4%)
Asam pantotenat (B5) 0,8 mg (16%)
Vitamin B6 0,2 mg (15%)
Folat (Vit. B9) 11 mg (3%)
Vitamin C 2.4 mg (4%)
Kalsium 30,0 mg (3%)
Besi 0,6 mg (5%)
Magnesium 25,0 mg (7%)
Fosfor 47,0 mg (7%)
Kalium 337 mg (7%)
Sodium 55 mg (2%)
Seng 0,3 mg (3%)
Source: USDA Nutrient database
You might also like:

Tumbuhan Obat

Followers