Automatic translation of this blog page

Tuesday, October 19, 2010

UBI JALAR OBAT SEROPTALMIA, LUKA, SEMBELIT, GOUT, OSTEOPOROSIS,ARTHRITIS, DAN MASUK ANGIN

UBI JALAR OBAT SEROPTALMIA, LUKA, SEMBELIT, GOUT, OSTEOPOROSIS,ARTHRITIS, DAN MASUK ANGIN
oleh Tarmizi, BSc

Ubi jalar adalah tumbuhan menjalar atau merambat dengan helaian daun menjari seperti telapak. Kalau dibiarkan terus, maka cabang-cabangnya akan menutupi tanah, makin lama makin luas. Varietasnya cukup banyak, begitupun warna umbinya. Ada yang bewarna kuning, putih, merah, dengan bentuk lonjong sampai bulat atau pipih.
Ubi jalar
Orang Sumatera menyebut ubi jalar dengan gadong, piek, gadung enjalor, gadung jalur, katelo, ubi jalah, ubi katelo, ubi pelo, tetilo, balading. di Jawa disebut huwi boled, huwi mantang, katelo, katela, katela rambat, tela, sabrang, sabhrang longgha, sementara di Kalimantan sebagai katila. Orang Nusatenggara mena-makannya kesele, ambon, ubi kapal, katabang, uwi hiwu jawa, batata. Di Sulawesi disebut bage, batata melosong, atetela, lame jawa, lame kamumu, lame kandora, sementara di Maluku disebut ihim basala, uwi kastela, kastera, kaitela, asitela, patatas, mangat, sedangkan di Irian sebagai sabakruwa, ningoi, gumi, dan gumini. Ubi jalar Ipomoea batatas Poiret, termasuk famili Convolvulaceae. Nama simplisia untuk daun ubi jalar adalah Batatasae Folium. Umbinya mengandung zat pati, gula, zat lemak, ipomain, fitoster-ol, karoten, vitamin A, B dan C, pektin, zat putih telur. Daun ubi jalar berkhasiat untuk mempercepat pemasakan (bisul).
Obat luka bakar
Ambil dan cucilah 1/3 genggarn daun sahit dan 1/3 gengam ubi jalar merah. kemudian digiling sampai halus. Jika telah halus diremas dengan dua sendok makan minyak kayu putih dan satu sendok makan minyak nyamplung.
Campuran ini ditempelkan pada luka itu. Cara mernakainya ialah dua kali sehari.
Obat Seroptalmia
Parutlah sebuah ubi jalar merah, parut dan parutan itu diremas dengan air masak 3 sendok makan dan madu 2 sendok makan. Kemudian diperas dan disaring untuk diambil airnya. Air perasan ini diminum 3 kali sehari.
Obat luka kena benda tajam
Ambillah sepertiga genggam daun ubi jalar, dicuci dan digiling sampai halus. Campurkan dengan sedikit air kapur sirih, kemudian ditempelkan pada luka dan dibalut. Obat ini dipakai 2 kali sehari.
Sulit Buang Air Besar (Sembelit)
Sembelit adalah keadaan keterlambatan atau kesulitan pengosongan isi perut yang terjadi akibat feses terlalu keras atau volume feses terlalu kecil.
Sembelit biasanya disebabkan oleh kebiasaan mengkonsumsi makanan yang rendah kadar serat dan airnya atau kebiasaan mengabaikan keinginan buang air besar.
Pengobatan: 60 gram daun ubi jalar direbus dengan air secukupnya kemudian airnya diminum selagi hangat dan daunnya dapat dimakan.
Asam Urat Tinggi (Gout)
Serarigan nyeri akibat gout (asam urat tinggi) seringkah terjadi mendadak saat tidur, yang biasanya menyerang ibu jari kaki dan tumit, dan lutut. Daerah di sekitar persendian memerah,bengkak, dan mengkilat.
Hal-hal yang perlu dilakukan untuk menghindari asam urat tinggi antara lain: Mengurangi pengkonsumsian jeroan, daging, kacang, kol, kembang kol, kangkung, bayam, rebung, es, daging kambing, emping/melinjo, kerang, dan lain-lain.Menghindari minuman beralkohol. Memperbanyak minum air.
Gout adalah sejenis artritis yang disebabkan oleh pengenIdapan asam urat pada persendian. Asam urat merupakan hasil metabolisme yang mengalir melalui peredaran darah. jika kadaT asain urat terlalu tinggi atau terlalu sedikit yang dibuang melalui air kencing, akan terbentuk kristal-kristal kecil dan akan mengendap pada salah satu persendian hingga menimbulkan rasa nyeri yang amat sangat, ben-kak di sekitar persendian, dan terjadinya kelainan bentuk persendian.
Pengobatan: 200 gram ubi jalar merah, 5 butir kapulaga, 5 butir cengkeh, 1 butir biji pala, 1 ruas ibu jari kayu manis, 15 gram jahe merah, 10 butir merica, dan gula merah secukupnya direbus dengan 1 ½ liter air hingga tersisa ½ liter. Airnya diminum selagi hangat dan ubinya dapat dimakan. Lakukan secara teratur 2 kali sehari.
Keropos Tulang (Osteoporosis)
Gejala keropos tulang tidak khas, hanya menimbulkan rasa pegal-pegal, dan baru dapat diketahui setelah tulangnya patah.
Keropos tulang terjadi karena kekurangan mineral kalsium. Kalsium merupakan mineral yang sangat dibutuhkan dalam pembentukan komponen tulang.
Pengobatan:
• 200 gram ubi merah, 5 butir kapulaga, 5 butir cengkeh, I ruas ibu jari kayu manis, 5 ruas jahe merah, 10 butir merica, dan 200 cc susu segar dimasak kolak kernudian ubi merah beserta kuahnya dimakan. lakukan secara, teratur 2 kali sehari.
Radang Sendi (Artritis)
Radang sendi merupakan gangguan yang biasa terjadi pada orang tua yang disebabkan oleh proses menua. Pada osteoarthritis sendi-sendi kehilangan pembungkus halus kartilago atau terdapat pertumbuhan tulang di sekitar sendi, sehingga mengganggu gerakan dan menimbulkan rasa sakit.
Pada artritis jenis artritis reatoid , terja peradangan pada persendian sehingga persendian menjadi bengkak dan sakit. lika tidak segera teratasi, dapat terjadi kelainan bentuk, terutama pada jari-jari dan tangan. Artritis jenis ini gejalanya adalah rasa lelah, berat badan turun, kulit sembap, sendi b,erwarna merah dan peka terhadap sentuhan, kaku dan sakit pada persendian yang biasanya juga disertai perasaan dingin yang disebabkan oleh gangguan sirkulasi darah.
Artritis umumnya disebabkan oleh proses menua, namun dapat juga disebabkan oleh kecelakaan dan kelebilian berat badan.
Pengobatan: 200 gram ubi jalar merah, 5 butir kapulaga, 5 butir cengkeh, I butir biji pala, I ibu jari kayu manis, 15 gram jahe merah, 10 butir merica dan gula merah secukupnya direbus dengan 1liter air hingga tersisa ½ iter, kemudian airnya diminum selagi hangat dan ubinya dapat dimakan.
30 gram sambiloto dan 30 gram temu lawak direbus dengan 600 cc air hingga tersisa '000 cc, kernudian airnya diminurn selagi hangat. Lakukan secara, teratur 2 kali sehari.
Masuk angin
Masuk angin merupakan gangguan umum yang dapat terjadi pada setiap orang. Gejala masuk angin adalah perut kembung, kepala pusing, berkeringat dingin, dan lain-lain. Akan tetapi, hal ini clapat juga merupakan gejala dari penyakit lain. Biasanya masuk angin juga diiringi rasa mual dan terasa pahit jika lidah mengecap makanan.
Masuk angin dapat terjadi karena perut kosong, kurang tidur.. terkena angin malam, kehujanan, pencernaan makanan yang kurang baik, dan lain-lain.
Pengobatan: 200 gram ubi merah (dikupas dan dipotong-potong), 15 gram jahe merah/jahe biasa, 1 butir biji pala (dimemarkan), 5 butir cengkeh, 10 butir kapulaga, 1 ibu jari kayu manis, 10 butir merica, dan gula merah secukupnya direbus dengan air secukupnya. Tunggu hingga airnya hangat lalu diminum dan ubinya dimakan. .Lakukan secara, teratur 2 kali sehari.
Dari berbagai sumber (Tarmizi, BSc)

No comments:

Post a Comment

Tumbuhan Obat

Followers