Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Tuesday, October 30, 2012

Pembuatan Tahu


Tahu adalah makanan yang dibuat dari kacang kedelai yang difermentasikan dan diambil sarinya. Berbeda dengan tempe yang asli dari Indonesia, tahu berasal dari Cina, seperti halnya kecap, tauco, bakpau, dan bakso. Tahu adalah kata serapan dari bahasa Hokkian (tauhu) (Hanzi: 豆腐, hanyu pinyin: doufu) yang secara harfiah berarti "kedelai yang difermentasi". Tahu pertama kali muncul di Tiongkok sejak zaman Dinasti Han sekitar 2200 tahun lalu. Penemunya adalah Liu An (Hanzi: 劉安) yang merupakan seorang bangsawan, cucu dari Kaisar Han Gaozu, Liu Bang yang mendirikan Dinasti Han.
Di Jepang dikenal dengan nama tofu. Dibawa para perantau China, makanan ini menyebar ke Asia Timur dan Asia Tenggara, lalu juga akhirnya ke seluruh dunia.
Tahu

Sebagaimana tempe, tahu dikenal sebagai makanan rakyat. Beraneka ragam jenis tahu yang ada di Indonesia umumnya dikenal dengan tempat pembuatannya, misalnya tahu Sumedang dan tahu Kediri. Aneka makanan dari tahu antara lain tahu bacem, tahu bakso, tahu isi (tahu bunting), tahu campur, perkedel tahu, kerupuk tahu, dan lain-lain.
Sebagai hasil olahan kacang kedelai, tahu merupakan makanan andalan untuk perbaikan gizi karena tahu mempunyai mutu protein nabati terbaik karena mempunyai komposisi asam amino paling lengkap dan diyakini memiliki daya cerna yang tinggi (sebesar 85% -98%). Kandungan gizi dalam tahu, memang masih kalah dibandingkan lauk pauk hewani, seperti telur, daging dan ikan. Namun, dengan harga yang lebih murah, masyarakat cenderung lebih memilih mengkonsumsi tahu sebagai bahan makanan pengganti protein hewani untuk memenuhi kebutuhan gizi.
Kandungan Gizi Tahu per 100 g
Kandungan Gizi
Jumlah
Energi (Kal)
Protein (g)
Lemak (g)
Kalsium (mg)
Air (g)
68
7,8
4,6
124
84,8

Lauk-pauk hewani umumnya mengandung protein lebih tinggi, misalnya telur 12%, daging 18%-20%, ikan 20%, ikan asin 40% dll.   Namun, dengan harga yang lebih mahal membuat masyarakat tidak dapat mengonsumsi lauk-pauk hewani secara rutin setiap hari.  Oleh sebab itu pangan berbahan baku kedele menjadi alternatif lain, selain murah juga memenuhi syarat gizi seperti tahu atau tempe.
Kalsium tahu jumlahnya cukup tinggi (124 mg)--hampir setara dengan kandungan kalsium susu. Kalsium sangat dibutuhkan terutama pada masa kanak-kanak hingga dewasa muda. Pada rentang usia ini, massa tulang mengalami pemadatan karena pengaruh asupan gizi dan olahraga. Membiasakan konsumsi pangan sumber kalsium (termasuk tahu) akan mendukung terbentuknya kerangka tulang yang baik, sehingga di masa tua terhindar dari osteoporosis.
Bahan-bahan dan bumbu-bumbunya:
a.       kedelai kuning
b.      air bersih
c.       kain saringan
d.      penggiling
e.       cuka
f.       periuk
g.       kompor
Cara membuatnya:
a.       Terlebih dahulu kedelai kuning dibersihkan, dipilih yang baik, setelah dibersihkan dari kotoran dan debu direndam dalam air selama satu hari satu malam sehingga menjadi bubur kedelai putih dan kental.
b.      Setelah digiling bubur kedelai itu direbus sehingga mendidih sampai busanya naik dua kali, api perebusnya harus besar kemudian bubur kedelai ini kita saring dengan kain dan dalam kain saringan nanti tinggal ampas putih.
c.       Ampas ini disiram beberapa kali dengan air mendidih sambil diaduk-aduk dan dibalik-balikan lalu keempat kain saringan itu disatukan, sambil memegang keempat ujung kain ampas tadi diputar-putar lalu kain berisi ampas tadi diletakkan kedelai dapat dalam tempat yang kuat pakai kerangkan sehingga ampas ini waktu diperas atau dipadatkan tidak jatuh ke dalam tempat penampungnya.
d.      Air saringan ini dicampur asam cuka atau batu (gyps). Sambil diaduk sehingga tahu mengendap didasarnya, air dibuang hingga tinggallah tahunya. Tahu ini dicuci dengan air sambil rasa asamnya hilang atau sangat berkurang. Baru dicetak agar tahu ini menjadi kukuh dan agak padat, kempa pelan-pelan atau diberi beban diatasnya, biarkan kira-kira 5 menit lamanya kemudian baru tahu itu dipotong-potong dan  siap untuk dikonsumsi.

Tumbuhan Obat

Followers