Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Tuesday, October 30, 2012

BELIMBING TUNJUK UNTUK PENENANG BATUK, GONDOK, SARIAWAN, HIPERTENSI, DAN DEMAM


oleh Tarmizi, B.Sc, S.Pd

          Batang Belimbing (Averhoa bilimbi) biasanya bercabang rendah dan paling tinggi 10 m, berkerut kerut dengan bekas dahan yang sudah mati terlihat jelas.
Buahnya sebesar jempol bewarna hijau muda dan berubah jadi hijau tua dan kuning setelah masak, meng-gantung bergerombol pada batang dan pangkal dahan yang besar di bagian bawah. Buahnya berbentuk lonjong memanjang, dengan penampang segi lima jika diiris. Buah ini biasa dijadikan sayur. Bunga belimbing terdapat dalam karangan yang mengantung sepanjang 5-15 cm. Warnanya coklat kemerah-merahan.
          Belimbing (Averhoa bilimbi) ini di Sumatera dikenal dengan limeng, selimeng, asam belimbing, belimbing tunjuk, malimbi, balimbingn, balimbieng,dan belimbuing sayur,  sedang di Jawa disebut balimbing, calingcing, blimbing, blimbing wuluh, bhalimbhing bulu. Masyarakat di Nusatenggara menyebutnya blimbing buloh, limbi, balimbeng dan kerbol, sementara di Sulawesi dinamai balimbing botol. lompiat litod, lopias, lembetu dan bainang. Di Maluku disebut thurela, takurela dan taprera, di Irian sebagai useke.
Kandungan dan khasiatnya
          Kandungan kimia belimbing terutama alium oksalat. Disamping itu juga terdapat vitamin C. Buahnya berkhasiat sebagai antitusif (anti batuk), ekspektoran (peluruh dahak). daunnya digunakan untuk pengobatan pasca persalinan dan penurun panas.Sri buah elimbing mengandung kalium sitrat yang bersifat diuretik (peluruh air seni).
Penurun hipertensi dan diuretik
          Ganguan tekanan darah tinggi yang melanda umat manusia bermacam-macam penyebabnya. Pembuluh darah menyempit karena usia lanjut, misalnya. Terlalu banyak lemak dan kolesterol dalam darah, atau gara-gara pikiran jengkel mendorong emosi, atau karena pembuangan racun dan zat-zat pengganggu tubuh hasil metabolisme tidak lancar.
          Belimbing hanya dapat menurunkan tekanan darah tingi yang disebabkan oleh terganggunya metabolisme (pertukaran zat) yang seharusnya lancar membuang racun dan zat penggangu. Tekanan darah tingi karena penyebab lain, seperti penyempitan pembuluh darah, atau gara-gara pikiran jengkel mendorong emosi, tidak dapat disembuhkan oleh buah belimbing.
Obat hipertensi
          Buah itu perlu dipilih yang besar-besar dan memang sudah masak saja, yaitu yang warnanya sudah hijau tua. Buah masak pohon ini lebih banyak sarinya daripada yang masih muda. setelah dicuci bersih, diparut 10 buah. Hasil perasan diperas diatas penyaring santan, untuk ditampung sarinya dlam gelas bersih. Air saringan inilah yang kemudian diminum, setelah diberi air matang secukupnya, agar tidak terlalu masam. Jamu belimbing ini hanya boleh diminum kalau perut sudah berisi makanan. Selesai makan siang atau makan malam. Kalau tidak, perut akan keroncongan dan tidak ada kesenangan lagi minum jamu ini.
          Minumnya Sekali sehari saja selama seminggu. Kemudian diperiksa, apakah tekanan darah sudah menurun. Kalau sudah turun, penjamuan dihentikan. Jika belum, penjamuan pun dihentikan, karena jamu ini tidak cocok bagi orang yang bersangkutan. kalau nekad terus minum jamu ini, maka perut kan kelebihan asam dan mengundang penyakit lain.
  • 10 buah belimbing sayur, kunyit sejari, labu air 3 potong, ¼ genggam daun sidukung anak dan dua potong gula enau. Semua bahan dicuci bersih dan direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa ¾ bagian. Saring dan dibagi tiga untuk diminum 3 kali sehari.
Bunganya menenangkan batuk
          Selain dalam buah dan daun, dalam bunga belimbing pun terdapat kalium sitrat dan kalium oksalat dengan kadar lebih rendah. Justru karena kadarnya yang rendah ini, bunga belimbing sesuai untuk obat batuk pada anak-anak. Dengan catatan, batuk yang ditenangkan itu adalah karena masuk angin. Batuk karena serangan virus influenza dan serangan basil tuberkulosisis, jelas tidak bisa.
          Gara-gara kedinginan di daerah leher, paru-paru menolak udara dingin itu jangan sampai masuk terus, lalu membatukkan udara dingin itu keluar lagi. Batuk model begini, erutama pada anak-anak yang belum tahan obat kimia paten, dapat disembuhkan dengan ramuan bunga belimbing dan adas manis, Pimpinella anisum, yang dikalangan orang jawa dikenal dengan jinten manis. Orang Belanda menyebutnya anijs. Biji "anis" ini bertugas menghangatkan tenggorokan, sedang bunga belimbing menenangkan rangsangan pendorong batuk.
          Segenggam bunga semacam ini dikukus bersama 3 butir adas (jinten) manis, air setengah gelas kecil dan gula batu secukupnya, dalam cetakan poding yang bisa ditutup. Diperlukan pengukusan selama 1-2 jam, untuk menghancurlarutkan biji adas manis, gula batu dan bunga belimbing dalam cetakan poding. Setelah disaring ampasnya dengan kain mori, air sari belimbing dan adas manis itu bisa diminumkan pada anak yang sedang batuk, pagi-pagi sesudah bangun tidur sebelum sarapan, dan malam hari sebelum tidur.
Obat sakit gondok
          Belimbing dapat digunakan untuk obat sakit gondok atau pembengkakan pada kelenjar gondok. Caranya : ambil 5 buah belimbing segar dan tiga siung bawang merah dan setengah genggam daun gandapura, kemudian ditumbuk sampai halus. Pastanya dioleskan pada bagian leher yang sakit atau bengkak secara teratur.
Obat demam
  Untuk obat demam juga ditumbuk segengam daunnya, diperas. Sedangkan daun yang direbus, kemudian diminum pagi dan sore, digunakan untuk obat radang usus. (Tarmizi, B.Sc, S.Pd / Universitas Negeri Padang)
Referensi: 1.    Drs. Djoko Hargono et al, "Tanaman Obat Indonesia Jilid I & II," 1985, Dirjen Pengawasan Obat dan Makanan - Depkes RI. Jakarta. 2.   Dra. H.Cir," Obat-obat Peninggalan Nenek Moyang," 1982, Ikhwan Jakarta.  3.     Dra. Balkiah S & Anawati," Aneka Resep Obat Kuno Warisan Nenek Moyang," Anugerah Surabaya. 4.      Tarmizi, BSc "Jeruk purut Obat lemah Syahwat," (Harian Singgalang, 17-10-1994), Singgalang Press Padang. 5.    Marah Maradjo & Ir.Saleh Widodo," Flora Indonesia, Tanaman Rempah-rempah," 1985, PT Gita Citra, Jakarta. 6. MB Rahimsyah, Ramuan sorga, Bintang Usaha Jaya, 1997, Surabaya. 7. Hembing WK, Penyembuhan dengan Tanaman obat, 2002, Komputindo, jkt

Tumbuhan Obat

Followers