Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Wednesday, July 13, 2016

Manfaat Wedang

Selain untuk menghangatkan tubuh, ada banyak manfaat wedang jahe yang sekiranya belum Anda ketahui. Minuman ini merupakan salah satu ciri khas lokal dari tradisi Nusantara. Nah, berikut ini merupakan daftar manfaat yang bisa kita peroleh dari meminum wedang jahe.

wedang jahe1. Sirkulasi Darah

Kadar gingerol yang terkandung dalam jahe akan membantu pelancaran sirkulasi darah. Sebab kandungan tersebut bersifat antikoagulan dan sangat dibutuhkan untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah.

2. Sistem Pencernaan

Ada beragam masalah pencernaan seperti sembelit atau keluhan seperti perut kembung. Nah, meminum wedang jahe secara teratur bisa menyembuhkan beragam keluhan di saluran pencernaan. Perut tidak akan terasa sakit setelah makan dan usus akan lebih bersih.

3. Obat Sakit Kepala

Sakit kepala bisa menyerang kapan saja dan terdiri dari banyak jenis. Wedang jahe lebih dianjurkan untuk diminum saat mengalami sakit kepala sebelah atau yang biasa disebut migren. Minum jahe saat migren juga bisa membantu tubuh lebih rileks dan nyaman.

4. Mengobati Demam

Wedang jahe sering dihidangkan sebagai wujud pengobatan tradisional. Salah satunya untuk mengobati demam atau beberapa penyakit musiman seperti batuk. Daripada mengonsumsi obat-obatan yang mengandung bahan kimia, wedang jahe lebih disarankan karena terbukti manjur dan tidak berefek samping.

5. Metabolisme Tubuh

Jika ingin membakar kalori, maka wedang jahe harus menjadi salah satu hidangan wajib. Sebab minuman ini juga berkhasiat untuk membantu proses metabolisme dalam tubuh. Selain itu juga membantu mencegah perut buncit sekaligus menurunkan berat badan. Hal ini berkaitan dengan manfaat pada pembuluh darah yang akan melancarkan proses metabolisme. Selain itu, jahe juga tidak mengandung kalori sama sekali.

6. Diet

Sudah dijelaskan sebelumnya kalau wedang jahe mampu menurunkan berat badan. Tapi Anda bisa membuatnya lebih maksimal dengan menjadikan wedang jahe sebagai minuman wajib selama diet. Apalagi jahe bisa membantu menurunkan kolesterol secara alami dan aman.

7. Pengobatan Gusi dan Gigi

Untuk mencegah gangguan nyeri pada gusi dan gigi, sebaiknya minum wedang jahe secara teratur. Minuman ini juga bisa dihidangkan sebagai penyembuh rasa nyeri dan sakit pada gigi.

8. Meningkatkan Kebugaran

Seiring dengan menghangatnya tubuh, wedang jahe akan meningkatkan kebugaran. Hal ini dimungkinkan oleh sirkulasi darah yang lancar disertai dengan optimalisasi organ dalam tubuh. Sehingga tubuh tidak akan mudah merasa capek atau pegal selama meminum wedang jahe secara teratur.

9. Obat Jerawat

Banyak orang yang belum tahu khasiat wedang jahe bagi kulit. Bukan dengan mengoleskannya ke kulit atau jerawat, tapi meminumnya layaknya minuman hangat biasa. Setiap hari, wedang jahe bisa diminum sebagai obat tradisional bagi jerawat.

10. Detoksifikasi

Sistem kekebalan tubuh harus selalu ditingkatkan dengan konsumsi wedang jahe. Karena proses metabolisme akan meningkat lebih dari biasanya, dan membuat tubuh semakin berkeringat. Di situlah proses detoksifikasi akan berjalan dengan baik dan lancar.

11. Mencegah Kanker

Wedang jahe ternyata juga sangat bermanfaat mencegah kanker. Hal ini sudah dibuktikan oleh rangkaian uji penelitian yang menyatakan kalau sel kanker usus dan rahim bisa diberantas dengan jahe.

Itulah beragam manfaat wedang jahe yang perlu diketahui bagi kesehatan tubuh kita. Proses pembuatannya pun sangat mudah karena tinggal diseduh dengan air panas dan ditambahi sedikit gula. Atau bisa divariasikan dengan memadukannya dengan teh dan madu. Selain itu, sudah banyak ekstrak jahe yang tinggal diseduh tanpa proses berbelit. Semuanya akan tergantung pada kebutuhan dan selera Anda

Tumbuhan Obat

Followers