Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Wednesday, July 13, 2016

Kacapiring

Di Indonesia, khususnya di pulau Jawa, orang lebih sering menyebutnya bunga Ceplok Piring atau Kacapiring. Bahkan tak jarang, orang salah menyangkanya sebagai bunga “mawar-melati” karena memang penampakannya mirip dengan mawar putih dan harumnya seharum bunga melati. http://4.bp.blogspot.com/-hGnoV0cixnU/Uvgg_dnHVxI/AAAAAAAALTg/PrHnON_wwTU/s1600/gardenia.jpg




Gardenia adalah tanaman perdu yang dapat dengan mudah hidup di sembarang tempat. Tapi umumnya Gardenia tumbuh di dataran tinggi yakni lebih dari 400 meter di atas permukaan air laut.
Gardenia atau nama ilmiahnya Gardenia augusta atau juga sering disebut Gardenia jasminoides Ellis ternyata tak hanya sedap dipandang mata. Daun dan buahnya juga sering kali digunakan sebagai obat-obatan yang diracik untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.


Nah, berikut ini adalah manfaat Gardenia atau Kacapiring untuk kesehatan tubuh manusia :
mengobati diabetes mellitus
mengobati borok dan mata merah
mengatasi hepatitis dan penyakit kuning
mengatasi demam, depresi, dan stress berat
mengatasi sakit saat buang air
mengobati sariawan
mengatasi mimisan



umumnya, resep yang digunakan adalah dengan menghancurkan daun atau buah Gardenia, kemudian merebusnya dengan gula aren atau gula batu. Namun, tidak disarankan untuk melanjutkan pengobatan ini jika terjadi diare atau kehilangan selera makan.

Tumbuhan Obat

Followers