Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Tuesday, June 30, 2015

Membuat Bumbu dan Resep Tahu Campur

Resep Tahu Campur Spesial
Cara  Spesial Khas Lamongan, Surabaya dan Magelang. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, tahu adalah salah satu makanan khas negara kita dan banyak mengandung protein nabati dan kandungan zat lain yang dibutuhkan tubuh. Selain harganya yang sangat terjangkau hampir semua kalangan masyarakat, makanan satu ini juga bisa dijadikan masakan yang nikmat dan lezat. Salah satu variasi resep tahu yang cukup terkenal
kelezatannya adalah Resep Tahu Campur Spesial. Walaupun ada beberapa macam variasi resep masakan tahu yang ada, seperti tahu campur magelang, tahu campur surabaya dan tahu campur lamongan, tetapi sebenarnya ketiga resep tersebut menggunakan bahan baku dan bumbu tahu campur yang hampir sama.
Mungkin memang tidak semua daerah di negara kita mengenal masakan yang berbahan dasar tahu dengan bumbu spesial ini, tetapi buat teman teman yang tinggal di daerah pulau Jawa pasti sudah paham betul bagaimana kelezatan tahu campur ini. Bahkan berdasarkan beberapa informasi yang saya dapat, masakan tahu ini juga bisa dijumpai di kota kota besar di luar Jawa. Mungkin ini disebakan karena banyaknya orang Jawa yang tinggal di daerah tersebut atau mungkin warga setempat yang sempat mencicipi Resep Tahu Campur ini dan kemudian membuka sendiri restauran atau warung makan tahu campur Lamongan, Magelang ataupun tahu campur Surabaya.
Kalau dari tampilannya, masakan tahu campur ini kelihatannya mirip sekali dengan ketupat tahu yang sangat populer sekali di daerah Jawa Tengah. Mungkin ini dikarenakan kedua masakan resep tahu tersebut sama sama menggunakan tahu sebagai bahan utamanya dan disiram dengan saus kacang yang kental, walaupun sebenarnya ada beberapa macam perbedaan yang mendasar dari kedua bumbu tahu campur tersebut. Selain itu, resep tahu campur isinya lebih beraneka ragam daripada resep ketupat tahu dan menggunakan berbagai macam masakan khas sehingga memberikan citarasa spesial buat yang menikmatinya.
Menurut saya pribadi, resep tahu campur yang paling maknyus adalah tahu campur dari Surabaya dan Lamongan. Selain isinya yang bermacam-macam, penggunaan bumbu sambal petis di resep tahu ini benar benar membuat masakan khas Jawa Timur ini benar benar khas, menggugah selera dan yang sudah pernah menikmatinya pasti akan ketagihan. Tentu saja, selain itu resep tahu campur Lamongan dan Surabaya dari Jawa Timur ini juga menggunakan banyak bahan lainnya sesuai namanya (campur), seperti mie kuning basah, perkedel/lento singkong, tauge yang kaya akan vitamin C dan vitamin K, tahu cina dan berbagai macam sayuran lainnya. Selain itu, penggunaan kuah kaldu dan potongan daging didalamnya dijamin membuat penikmat resep kali ini benar benar akan ketagihan dan pasti nambah lagi. Sebaiknya potongan daging yang digunakan dipilih yang mengandung banyak lemak sehingga rasanya benar benar lezat (info rahasia dari salah satu penjual Tahu Campur) seperti tetelan daging atau bagian daging lainnya yang banyak mengandung lemak.

Tumbuhan Obat

Followers