Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Monday, May 5, 2014

Obesitas


Kelebihan Berat Badan (Obesitas)
Kelebihan berat badan merupakan kondisi berat badan di atas berat badan normal. Hal ini lebih sering terjadi pada seseorang dengan tingkat ekonomi menengah ke atas. Selain mengganggti mobilitas gerak, obesitas juga mengurangi daya tarik dan penampilan seseorang. Selain itu, obesitas juga memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap berbagai penyakit, seperti: hipertensi, jantung koroner, stroke, dan diabetes.
Penyebab:
Faktor utama yang menyebabkan obesitas adalah pemasukan energi yang jauh melebihi pengeluaran sehingga terjadi penumpukan lemak tubuh yang melebihi batas normal.
Beberapa faktor yang saling mempengaruhi dan dapat menyebabkan obesitas adalah kelebihan masukan (intake) makanan, kurangnya aktivitas fisik, faktor psikologis, dan faktor ketu runan. Selain itu, obesitas dapat dipicu oleh berbagai faktor, seperti: kelainan hormon, enzim, metabolisme, dan pengaruh obat‑obatan.
Pengobatan:
·         Setiap hari selama 3 hari mengkonsumsi apel sebanyak 8‑9 buah dan minum air putih secukupnya tanpa makan Makanan lain. Pada hari keempat, dapat mengkonsumsi makanan seperti biasanya, tetapi makanannya harus lunak, misalnya: bubur, sop, dan lain‑lain. Setelah 2‑3 minggu, lakukan kembali diet apel seperti semula.
·         15 gram bangle, 15 gram temu giring, 15 gram lempuyang, dan gula enau secukupnya dipotong‑potong seperlunya lalu direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc. Setelah disaring, tunggu sampai airnya hangat, kemudian diminum.
·         Daun muda atau buah muda asem kawak secukupnya dikon sumsi setiap hari.
·         25 gram bangle dan 25 gram temu hitam direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc. Tambahkan air perasan jeruk nipis, tunggu sampai airnya hangat, lalu diminum.
·         30 gram daun kemuning, 30 gram daun mengkudu, dan 30 gram temu giring direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Tunggu sampai airnya hangat, lalu diminum.
·        Daun kemuning, dan daun mengkudu satu genggam penuh serta umbi temu giring setengah jari kelingking, dicampur air satu cangkir dan ditumbuk sampai lumat. Bubur basah ini diperas dan disaring. Air saringan ditampung dalam gelas lalu diminum pagi-pagi sebelum sarapan. Supaya pahitnya temu giring dan bau tak enak dari mengkudu tidak bikin mual, setelah minum boleh makan permen sebagai penyedap.
·          
Pilih satu resep tersedia dan lakukan secara teratur 2 kali sehari. Setelah dilakukan 1 kiur (10‑12 hari), pengobatan dihentikan selama 3 hari. Setelah itu, Pengobatan dapat dilanjutkan kembali.

Tumbuhan Obat

Followers