Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Monday, May 26, 2014

Avokad obat diabetes dan kulit kering



oleh Tarmizi, B.Sc. S.Pd


            Alpokad merupakan buah yang enak rasanya, apalagi bila dicampur dengan es teler atau dibuat salad. Dilihat dari kandungan zat-zat gizi, alpokad mengandung 3%-6% protein dan lemak kurang lebih 7%. Di antara buah-buahan, mungkin alpokad merupakan buah yang paling banyak mengandung lemak untuk setiap 100 gramnya. Asam lemak yang terdapat pada buah alpokad adaiah asam lemak linoleat dan asam palmitat. Kandungan karbohidratnya cukup kecil, dengan jenis guia manno-heptuiosa. Seiain itu alpokad juga sebagai sumber Vitamin A, B kompleks, niasin, piridoksin dan asam pantotenat, serta mengandung beberapa mineral seperti pospor, zat besi dan kaisium. Dari penelitian diketahui bahwa juice alpokad dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang merugikan tubuh (antibacterial activity). Selain buah, daun alpokad juga dapat digunakan sebagai obat diare, yaitu dengan jalan, merebus beberapa daun alpokad di dalam 2 geias air selama 15 menit, kemudian didinginkan, setelah dingin diminum airnya.
     TANAMAN yang juga banyak manfaatnya bagi kesehatan adalah avokad (Persea americana Mill). Buah ini dengan mudah dapat dijumpai di pasar tradisional, pedagang buah; sampai supermarket dengan harga murah, karena pertumbuhannya memang tersebar di seluruh Indonesia.
     Bagian tanaman yang digunakan adalah daun dan buah. Dalam buku Taman Obat Keluarga edisi III terbitan Depkes disebutkan daun avokad bisa digunakan untuk mengobati sariawan mulut, kencing batu, dan juga berfungsi diuretik.
Buah berkhasiat
     Sementara Dra Emma S Wirakusumah MSc dari Jurusan Gizi Masyarakat dan Sumber Daya Keluarga Fakultas Pertanian IPB menyebutkan, buah avokad mengandung(asam lemak tidak jenuh yang membantu menurunkan kolesterol darah.
     Dalam daging buahnya, juga dijumpai mineral zat besi yang berfungsi mencegah anemia dan untuk regenerasi darah. Ada juga magnesium dan kalsium yang membantu pertumbuhan tulang dan gigi.
     Kandungan vitamin E-nya bersifat antioksidan sehingga mencegah penuaan dini, vitamin C memperkuat, pertahanan tubuh, sedang B6 membantu metabolisme (Tarmizi, 1993)
     Avokad juga kaya karbohidrat. Dalam homepage avoinfo disebutkan, makan buah avokad sangat membantu penderita diabetes, karena kebutuhan kalorinya dapat terpenuhi tanpa harus khawatir terkena serangan jantung. Soalnya, buah ini kaya karbohidrat dan mengandung lemak tak jenuh tunggal yang mengurangi risiko serangan jantung.
     Ragamnya mineral, vitamin, maupun zat-zat yang dibutuhkan tubuh lainnya, membuat bayi yang sudah bisa menerima makanan padat juga bisa disuapi avokad. Avokad bisa diberikan setelah bayi berumur enam bulan.
     Kalau pada orang dewasa buah avokad bisa dikonsumsi segar (dengan mengerok daging buahnya) dibuat juice, atau dicampurkan dengan salad, maka untuk bayi, dianjurkan dipanggang atau dikukus terlebih dahulu. Sesudah itu baru diambil daging buahnya, lalu dihancurkan dengan garpu atau blender. Untuk bayi sebaiknya tidak ditambahkan gula maupun penambah rasa lainnya. (Depkes 1985)
Menyembuhkan kencing manis
     Kencing manis atau diabetes melitus adalah penyakit keturunan. Artinya kalau orangtua kita mengidap penyakit tersebut, maka ada kemungkinan anak-anaknya juga mengidap penyakit yang sama. Tapi tak perlu kawatir. Kalau Anda hidup sehat, menjaga berat badan, mengurangi konsumsi zat gula, tak akan terkena kencing manis. Kalau ada salah seorang anggota keluarga anda yang terkena penyakit kencing manis, cobalah ramuan berikut ini. Caranya: biji alpukat dipanggang di atas api. Lalu dipotong kecil-kecil. Kemdian direbus dan biarkan sampai air rebusannya menjadi coklat warnanya. Saring dan minum dalam beberapa hari.
Penyebab diabetes
     Diabetes timbul karena kurangnya hormon insulin yang dihasilkan oleh sekelompok sel beta pada pankreas. Insulin berfungsi mengatur pemakaian gula dalam tubuh. Kurangnya hormon insulin akan mengakibatkan glukosa tidak dapat diubah menjadi tenaga dan tertimbun dalam darah. jika kadar gula dalam darah sudah terlalu tinggi, ginjal tidak mampu menyaring semua darah sehingga urine mengandung glukosa
Gejala Diabetes Mellitus
Penyakit diabetes mellitus banyak diderita oleh orang-orang yang sering makan enak, tetapi kurang gerak. Gejala awal diabetes ditandai dengan sering buang air kecil, rasa haus, iritasi genital, lensa mata berubah bentuk sehingga penglihatan menjadi kabur untuk sementara waktu, dan lain-lain.
Pengobatan:
·         1 butir biji avokad disangrai/dikeringkan kemudian dijadikan bubuk. 5 gram bubuk avokad diseduh dengan 200 cc air kemudian diminum. Lakukan secara teratur 2 kali sehari. (Hembing,2002).
Menghaluskan kulit wajah dan Kulit Kering
Pada usia paruh baya, kondisi kulit kering merupakan hal yang biasa dan merupakan proses alami karena berkurangnya produksi minyak pada kulit. Akan tetapi, hal ini dapat juga terjadi pada usia muda(MB Rahimsah, 1997)
Pada usia muda, kondisi kulit kering dapat disebabkan oleh pernakaian kosmetika yang bersifat alkalis dalaxn waktu yang relatif lama, pengkonsurnsian makanan yang tidak seimbang, terlalu lama terkena sinar matahari, atau pengaruh AC.
     Memang sudah ada dijual masker alpukat dalam kemasan modern. Tetapi, masker yang kita buat langsung, tanpa pengawet akan lebih ekonomis dan meghilangkan kekawatiran akan dampak bahan pengawet. Masker alpukat, selain mengencangkan, juga menghaluskan kulit wajah. Kulit muka yang kering akan nampak segar kembali jika dimasker dengan alpukat 
Pengobatan:
1 buah avokad diambil daging buahnya lalu dilumatkan, kemudian dioleskan pada kulit wajah secara merata hingga mengering. Bilas dengan air hangat, kemudian dibilas dengan air es. Lakukan secara teratur 2-3 kali sehari.Konon, katanya kulit anda akan sehalus kulit bayi.

Tumbuhan Obat

Followers