Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Thursday, October 20, 2011

Hasil Penelitian Daun Pegagan (Antanan)

Pengaruh Ekstrak Air Daun Pegagan (Centella asiatica L.) Terhadap Kemampuan Kognitif Dan Kadar Neurotransmiter MonoAmin.

Annisa R. F.
Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH)-ITB

Ringkasan :
Pegagan (Centella asiatica) telah diketahui mampu mempengaruhi sistem saraf pusat, meningkatkan daya rangsang saraf otak, serta meningkatkan kemampuan belajar dan mengingat (Kumar & Gupta, 2002; Rao et al., 2005). Untuk menguji kemampuan C. asiatica lebih lanjut maka dilakukan penelitian tentang pengaruh pemberian ekstrak air daun C. asiatica terhadap kemampuan kognitif (terutama uji kemampuan belajar dan mengingat) dan kadar neurotransmiter monoamin (dopamin, norepinefrin, epinefrin, dan serotonin) pada hipokampus tikus (Rattus norvegicus L.) Wistar jantan dewasa. Penelitian ini dilakukan pada lima puluh ekor tikus berumur 16 minggu, dengan berat badan rata-rata 289,39 ± 2,27 g (berkisar antara 250-300 g). Seluruh tikus dibagi rnenjadi lima kelompok (setiap kelompok terdiri dari sepuluh individu), yaitu kelompok kontrol yang tidak diberi perlakuan apapun (KN), kelompok kontrol yang diberi perlakuan dengan pelarut akuabides (KP), serta tiga kelompok perlakuan ekstrak air daun C. asiatica masing-masing dengan dosis 100 mg/kg bb (PI), dosis 200 mg/kg bb (P2), dan dosis 300 mg/kg bb (P3). Pemberian ekstrak air daun C. asiatica terhadap tikus dilakukan secara oral selama delapan minggu dan uji kognitif dengan perangkat Water-E Maze dilakukan sekali setiap minggu.

Untuk mengetahui terjadinya proses belajar dan mengingat, maka pada akhir pengujian seluruh tikus didekapitasi dan hipokampus diisolasi untuk dilakukan pengukuran kadar neurotransmitter monoamin dengan menggunakan HPLC (High Performance Liquid Chromatography). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok perlakuan lebih cepat dalam mencapai sasaran dan melakukan lebih sedikit kesalahan dalam menyelesaikan uji Water-E Maze dibandingkan dengan kelompok kontrol secara nyata (P<0.05).>efek antistress, juga berperan dalam proses potensiasi jangka panjang (LTP), pembentukan memori jangka panjang (LTM) serta meningkatkan kemampuan belajar. Dapat disimpulkan bahwa ekstrak air daun C. asiatica dapat meningkatkan kemampuan kognitif tikus dengan mempengaruhi modulasi neurotransmiter monoamin pada hipokampus tikus.
Lihat juga

27 Jan 2011 ... Pegagan (centella asiatica) merupakan tanaman liar yang banyak tumbuh di perkebunan, ladang, tepi jalan,. Pematang sawah ataupun di ...
kimia.unp.ac.id
25 Okt 2010 ... Diantara tumbuhan ini adalah pegaganPegagan (centella asiatica) merupakan tanaman liar yang banyak tumbuh di perkebunan, ladang, tepi ...
kimia.unp.ac.id
Analisa zat Berkhasiat Pegagan ... Pegagan HENNY DWI JAYANTI 2005/66964. JURUSAN KIMIA FAKULTAS ... Diantara tumbuhan ini adalah pegagan...
kimia.unp.ac.id
7 Jan 2010 ... Analisa zat Berkhasiat Pegagan. Calendar Oktober 25, 2010 | Posted by Tarmizi. Pegagan HENNY DWI JAYANTI 2005/66964. JURUSAN ...
kimia.unp.ac.id


Lima minuman Pengurangi Stress

1. Susu hangat
Saat sedang merasa suntuk atau jenuh, minumlah segelas susu hangat. Kandungan tryptophan pada susu akan mengalami proses metabolisme menjadi serotonin yang berfungsi memperbaiki mood. Lalu, kandungan kalsium, magnesium dan potasium bisa mengurangi tekanan darah yang meningkat karena stres.

2. Cokelat hangat
Minuman hangat akan meningkatkan suhu tubuh Anda dan bisa menimbulkan kenyamanan. Kandungan zat dalam cokelat juga bisa membuat mood Anda menjadi lebih stabil.

3. Teh hitam
Ubah kebiasaan minum kopi saat stres, ganti dengan minum teh hitam. Penelitian yang dilakukan tim dari University College London, Inggris, menunjukkan bahwa minum teh hitam empat kali sehari selama enam minggu mengurangi hormon kortisol pemicu stres.

4. Teh hijau
Teh hijau mengandung theanin, yang meningkatkan relaksasi di otak. Yaitu, meningkatkan gelombang alpha yang menimbulkan efek tenang dan mengurangi gelombang betha yang membuat perasaan tertekan.

5. Air putih dingin
Air putih dingin juga bisa Anda jadikan obat stres. Tapi, setelah meminumnya pastikan Anda berjalan di luar ruangan dan menghirup udara segar. Air akan menggerakan darah dan udara segar merangsang produksi endorfin, hormon penghilang stres.

posted by Esha Flora | 11/09/2008 | AntananArtikelPegagan | 0 comments »

Tumbuhan Obat

Followers