Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Wednesday, February 6, 2008

Penyembuhan Batuk dengan Tumbuhan Obat


Oleh Tarmizi, B.Sc

Batuk merupakan reaksi tubuh jika terdapat benda asing yang merangsang selaput lendir saluran pernapasan. Kerap kali penyakit ini menimbulkan rasa gatal pada tenggorokan sehingga merangsang penderita mengeluarkan bunyi.
Penyebab:
Batuk dapat juga timbul sebagai akibat adanya peradangan dalam cabang kerongkongan dan paru-paru, virus, batuk rejan, dan lain-lain.
Bunga belimbing tunjuk menenangkan batuk
Selain dalam buah dan daun, dalam bunga belimbing pun terdapat kalium sitrat dan kalium oksalat dengan kadar lebih rendah. Justru karena kadarnya yang rendah ini, bunga belimbing sesuai untuk obat batuk pada anak-anak. Dengan catatan, batuk yang ditenangkan itu adalah karena masuk angin. Batuk karena serangan virus influenza dan serangan basil tuberkulosisis, jelas tidak bisa.
Gara-gara kedinginan di daerah leher, paru-paru menolak udara dingin itu jangan sampai masuk terus, lalu membatukkan udara dingin itu keluar lagi. Batuk model begini, erutama pada anak-anak yang belum tahan obat kimia paten, dapat disembuhkan dengan ramuan bunga belimbing dan adas manis, Pimpinella anisum, yang dikalangan orang jawa dikenal dengan jinten manis. Orang Belanda menyebutnya anijs. Biji "anis" ini bertugas menghangatkan tenggorokan, sedang bunga belimbing menenangkan rangsangan pendorong batuk.
Pengobatan batuk:
• Segenggam bunga belimbing tunjuk dikukus bersama 3 butir adas (jinten) manis, air setengah gelas kecil dan gula batu secukupnya, dalam cetakan poding yang bisa ditutup. Diperlukan pengukusan selama 1-2 jam, untuk menghancurlarutkan biji adas manis, gula batu dan bunga belimbing dalam cetakan poding. Setelah disaring ampasnya dengan kain mori, air sari belimbing dan adas manis itu bisa diminumkan pada anak yang sedang batuk, pagi-pagi sesudah bangun tidur sebelum sarapan, dan malam hari sebelum tidur.
• 25 gram kencur (diiris-iris tipis) dan 10 gram kulit jeruk mandarin kering direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat.
• 10 lembar daun sirih direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat.
• 250 gram oyong segar dan 10 gram kulit jeruk mandarin kering direbus dengan 600 cc hingga tersisa 300 cc, kemudian diminum selagi hangat.
• 10 gram bunga mawar segar dan gula batu secukupnya ditim, kemudian diminum.
• Dua buah mengkudu yang telah matang dicuci bersih dan ditumbuk halus, tambahkan air tiga sendok makan, cuka satu sendok teh dan garam sedikit. Peras dan saring airnya, minum tiga kali sehari.
• Satu buah menguku yang hampir masak dikupas lalu ditumbuk/dijus untuk diambil airnya. Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis masak. Tambahkan 3 gram kapur sirih, tambahkan 2 gelas air panas dan disaring. Bagi tiga airnya untuk diminum 3 kali sehari. Batuk yang biasa diobati dengan ramuan ini bukanlah batuk tbc dan bukan pula batuk kering.
• Bawang putih 3 gram ditumbuk. Jeruk nipis 1 buah diperas airnya, diaduk dengan lumatan bawang putih dan tambahkan air masak 2 sendok makan, di saring. Tambahkan air panas sampai menjadi ½ gelas dan madu 2 sendok makan. Diminum siang dan sore hari.
• Untuk obat luar digunakan perasan jeruk nipis yang dicampurkan dengan kapur sirih sedikit dan 3 tetes minyak kayuputih. Gosokkan pada bagian punggung, leher dan dada.
Pilih salah satu resep tersebut dan lakukan secara teratur 2 kali sehari.
Batuk Rejan
Batuk rejan atau disebut juga batuk gonggang biasa menyerang anak-anak di bawah umur dua tahun. Batuk ini memiliki ciri yang khas, yaitu: batuk-batuk panjang lalu berhenti sebentar kemudian batuk lagi hingga 100 hari sehingga sering disebut sebagai batuk 100 hari.
Serangan batuk rejan pada bayi dapat menyebabkan napas terhenti dan wajah kebiruan hingga dapat menimbulkan kematian. Kematian bayi akibat batuk rejan cukup tinggi, yaitu mencapai 20 %. Oleh sebab itu, harus segera diatasi.
Batuk rejan disebabkan oleh kuman haeniophilits perhisis yang masuk ke dalam hidung yang ditularkan melalui batuk, muntah, atau bersin.
Pengobatan batuk rejan:
• 10 gram bawang putih yang telah dikupas kulitnya, gula pasir secukupnya, dan 30 gram pegagan segar direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc kemudian airnya diminum selagi hangat.
• 15 gram bunga tahi kotok kering dan gula merah secukupnya direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc kemudian airnya diminum selagi hangat.
• 15 gram daun pare (ditumbuk halus), garam secukupnya, dan 1 buah pir (diiris-iris) direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat dan bahan-bahannya dapat dimakan.
• 60 gram kaktus gepeng dikupas, dipotong-potong, dan direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, kemudian air rebusannya diminum selagi masih hangat.
• Daun lidah buaya 3 gram dikupas kulitnya. Ape 1 buah juga dikupas. Keduanya dijus atau dilumatkan dan tambahkan gula pasir 1 sendok teh, setelah tercampur rata boleh diminum. Lakukan tiap hari hingga sembuh. (Tarmizi, B.Sc, S.Pd/ Universitas Negeri Padang)
Pilih salah satu resep tersebut dan lakukan secara teratur 2 kali sehari.

Tumbuhan Obat

Followers