Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Tuesday, January 22, 2008

Apel anggur vokad

Apel, anggur, avokad, berdayaguna penyembuh

Buah apel, anggur,avokad ternyata selain enak dimakan atau “pencuci mulut”, ternyata berdaya guna penyembuh berbagai keluhan. Tanpa basa-basi akan kita uraikan resep demi resep sebagai berikut.

Apel
Obat Hipertensi
· 1 buah apel, 1 lobak yang kecil, air perasan yang dianibil dari 75 gram seledri, 1/2 buall jeruk keprok, dan gula pasir secukupnya dijus kemudian diminum. lakukan secara teratur 2 kali sehari.


Obat batuk
· Caranya adalah buah apel dicuci bersih, kemudian dipotong menjadi empat bagian. Potongan tadi dikukus selama 10 menit dengan api yang tidak terlalu besar. Apel yang telah dikukus inilah,dimakan hangat-hangat, beserta kulitnya. Lakukanlah satu kali sehari, sampai beberapa hari.
Mengatasi Obesitas

· Setiap hari selama 3 hari mengkonsumsi apel sebanyak 8‑9 buah dan minum air putih secukupnya tanpa makan Makanan lain. Pada hari keempat, dapat mengkonsumsi makanan seperti biasanya, tetapi makanannya harus lunak, misalnya: bubur, sop, dan lain-lain. Setelah 2-3 minggu, lakukan kembali diet apel seperti semula.
Ramuan awet muda
· Sediakan bahan berikut: apel 2 ons, wortel 2 ons, kentang 2 ons, mentimun 2 ons, madu 1 sendok makan. Kentang dikupas kulitnya, demikian juga apel, wortel dan mentimun, bersihkan lalu dipotong-potong dan dijuice hingga lumat. Tambahkam madu, aduk rata dan siap untuk diminum.
Minuman ini berkhasiat menghilangkan rasa nyeri pada sendi tulang, menurunkan tekanan darah dan sekaligus juga peluruh kencing.
Mengatasi Kulit kering

· Buah apel diris-iris lembut, lalu airnya digosokkan pada wajah atau kulit yang kering dan biarkan sampai mongering. Setelah itu bersihkan dengan air dingin.
Obat Batuk rejan

· Buah apel 1 buah, lidah buaya yang sudah dibuang kulitnya 3 gram, gula pasir 1 sendok teh. Semuanya dijus dan diminum tiap hari hingga sembuh.
Ramuan ini juga bermanfaat untuk mengobati penyakit jantung, penurunan kolesterol, anti radang dan mencegah pengerasan pembuluh darah (MB Rahimsyah, 1997).
Obat Diare
· Satu buah apel dibuang kulitnya, 3 buah jambu biji dibuang bijinya. Dijus dengan 300 cc air dan tambahkan madu secukupnya. Jus ini diminum 2-3 x sehari.
Jus ini juga berguna menyembuhkan gangguan pencernaan, meningkatkan fungsi limpa, lambung, serta menurunkan kadar gula dalam darah. (Tarmizi, B.Sc, S.Pd, 2005)
Anggur

Untuk darah tinggi: 1 ons anggur dan 1 ons seledri dijus dan diminum.
Untuk darah rendah: 1 ons anggur dan 1 ons jahe dijus dan diminum.
Obat rematik: ubi merah dan anggur.
Menambah stamina: anggur kering dan kurma.
Obat jantung: biji teratai direbus lalau diblender bersama anggur segar.
Obat diare: kacang hijau 5-10 g diseduh, tambahkan anggur dan dijus.
Untuk kolesterol: Kulit kacang tanah dibersihkan dan direbus, saring airnya dan dijus bersama anggur.
Penambah selera: 10 g anggur, wortel 1 buah, apel 1 buah, pear setengah buah, asam jawa dan madu.
Obat beri-beri: beras merah bersama anggur dan kismis dibuat bubur.
Memperbagus suara: jali-jali 100 – 200 g direndam 2-3 jam, diambil airnya dan dijuskan ke anggur.
Obat kembung: ubi merah dan jahe direbus, tambahkan anggur kering, pala sedikit dan kapulaga sedikit.
Obat batuk: daun bawang 2 lembar, jahe, jeruk purut dijus bersama anggur. (Hembing, 22-5-1997, RCTI).
Teh kebugaran
Teh anggur jahe berikut berkhasiat meningkatkan energi, menguatkan otot, gangguan jantung, rematik, keringat dingin dan peluruh kencing (Rahimsyah, 1997).
· 5 gram teh hijau diseduh dengan air panas dan ditutup selama 10 menit. 100 gram anggur dibuang bijinya dan dijus lalu disaring. Jahe diblender dan diambil airnya lalu masukkan ke dalam seduhan teh hijau, tambahkan jus anggur dan bubuhi madu 15 gram. Minumlah teh ini untuk kebugaran anda.
Avokad

Bermanfaat juga bagi yang kurus
Minum jus alpukat memang segar. Satu gelas alpukat dapat membuat perut jadi kenyang. Itu karena buah alpukat banyak mengandung lemak dan berenergi tinggi. Satu gram alpukat mengandung 15,32 gram lemak, dengan energi 161 kilo kalori. Lemak alpukat memang tinggi, tapi tidak membahayakan kesehatan tubuh. Malah dapat mencegah penyakit jantung koroner. Karena alpukat mengandung kolesterol baik yang bermanfaat untuk kesehatan jantung.
Menyembuhkan kencing batu
Bukan hanya buahnya yang lezat dan berkhasiat. Daun alpukat juga dapat menyembuhkan kencing batu. Caranya: ambil daun alpukat sebanyak empat lembar, tiga buah rimpang teki, lima tangkai daun kapuk/randu, setengah biji pinang, satu buah pala, dan tiga jari gula aren. Semua direbus dengan tiga gelas air hingga tersisa dua gelas. Minumlah 2/3 gelas, lakukan tiga kali sehari.
Menyembuhkan sariawan
Penyakit sariawan memang sepele. Tapi, gara-gara lubang putih di langit-langit mulut, makan jadi tak enak. Jangan cepat jengkel. Kerok buah alpukat, beri dua sendok madu murni. Aduk merata, lalu dimakan. Setelah beberapa kali, sariawan yang menggangggu mulutmu akan cepat sembuh.
Penyubur rambut
Sebagai penyubur rambut, alpukat bisa juga dijadikan bahan Cream bath. Caranya, pada rambut yang telah dicuci bersih dioleskan lumatan daging buah alpukat masak pada kulit kepala secara merata. Biarkan selama 20 menit. Setelah itu rambut dibilas kembali.(Tarmizi, B.Sc, S.Pd/Universitas Negeri Padang) dari berbagai sumber.

Tumbuhan Obat

Followers