Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Tuesday, January 22, 2008

Adas

Adas-pulasari sebagai obat batuk, pilek, demam,
stuip, susah kencing dan impoten
Oleh Tarmizi, B.Sc, S.Pd



Adas-pulasari merupakan dua tanaman yang sering dipakai bersama dalaam ramuan obat tradisional. Adas (Foeniculum vulgare) biasa digunakan untuk bumbu masakan. Di Jawa Barat istilah adas dimaknudkan untuk tanaman Anetum graveolens. Karena bentuknya hampir sama, maka bijinya sering dipakai pengganti biji adas asli. Adas ini disebut juga adas sowa, yang juga masih satu famili dengan adas asli dan juga sama mengandung minyak atsiri.
Adas
Baik adas maupun Adas Sowa sama berasal dari Timur tengah. Orang Mesir Kuno sudah memakainya sebagai bumbu penyedap, karena minyak atsirinya memang sedap. Dari Mesir kemudian adas menyebar ke Roma dan Eropa. Orang Arab kemudian membawanya ke Indonesia dan kemudian di ditanam orang Belanda pertama kali di daerah pegunungan, misalnya di Tawangmangu.
Tanaman adas berupa terna menahun yang tumbuh merumpun. Satu rumpun biasanya terdiri dari 3-5 batang. Daunnya panjang-pajang seperti jarum dan lembut mirip daun asparagus. Buah adas yang termasuk suku Umbillaferae ini berbentuk lonjong, Sekecil butiran beras dan di pasar banyak dijual dalam keadaan kering.
Adas Manis bukan tanaman asli Indonesia. Orang Belanda menyebutnya sebagai Venkel (Trubus no. 223 th. XIX hal.269). Kabarnya tanaman ini memang berasal dari Eropah. Kendati demikian pertumbuhannya di Indonesia sudah cukup meluas. Terbukti dari beragam nama yang diberikan pada Adas ini Das Pedas (Aceh), Walasunga (Sumba) serta masih sederet lagi nama daerah untuk tanaman ini.
Jenis-jenis Adas
Tanaman Adas (Foeniculum Vulgare Miller) terdiri dari 2 sub spesies. Varietas yang menghasilkan minyak Adas ter­masuk.dalam sub spesies Capillaceum (Gallb) Homboe, dan terdiri dari 2 varietasp yaitu:
Varietas Vulgare (Miller) Thelling, yang tumbuh seCara liar atau lebih diusahakan secara intehsif. Minyak ygng dihasilkan dari varietas tanaman ini disebut minyak Adas Pahit. Jenis tanaman Adas Pahit telah diusahakan secara perkebunan di Rumaniat Honga ria, Jerman, Italia, India, Argentina, Jepangs dan Amerika Serikat. Minyak Adas secara komersil dihasil kan dari buah dengan Cara penyulingan.
Varietas Dulce (Miller) Thelling, disebut juga jinten manis atau anijs, tanaman secara intensifp dan tidak tumbuh secara liar. Varietas tanaman ini menghasilknn minyak Adas Manis atau disebut juga minyak Adas Rumanin atau minyak Adas perancis. Minyak Yang dihasilkan daribuah menghsilkan bau yang paling harum. (Pengantar Teknologi Minyak Atsiri halaman 346‑347)
Penanaman dan Pemetikan Buah
Penanaman,Adas di Indonesia secara tradisional dapat dihasilkan dengan 2 cara Dengan menaburkan biji adas, Yang telah tua, atau di kena.1 dengan istilah "rindik". Dengan cara, menyebarkan rumpunnya disekitar tanaman Induk.
Perawatan tanaman tersebut relatif mudah karena tanaman akan tumbuh dengan sendirinya tanpa perawatan khusus.
Kegunaan Adas Manis
Adas Manis mempunyai banyak kegunaans bisa untuk pengharum makanan dan minuman, untuk penyedap makanan, untuk parfum, untuk ramuan obat-obatan tradisional maupun modern.
Limonen Yang juga.dikandung oleh minyak adas punya khasiat yang tak kalah, pentingnya. Rasa limonen ini sedap tapi agak menusuk, dapat merangasang selaput lendir dalam organ,tubuh kitat termasuk dinding usus. Sehingga minyak Adas Yang berisi limonen ini digunakan banyak orang sebagai obat perut kembung.
Adanya kandungan anethol Pada buah menyebabkan Adas mengeluarkan aroma Yang khas. Maka banyak Yang memanfaatkan: sebagai campuran ramuan obat agar suka meminumnya. Anethol ini juga berkhasiat sebagni cerminntve (penghalau gas dari perut dan usus). Karena itu, adas juga sering dipakai sebagai obat masuk angin, sakit perut karena angin, mencret karena angin dan peluruh air sahl. Selain itu aroma adas ini juga banyak dimanfaatkan sebagai penyedap atau pengharum makanan. Sisa ekstrak buah adas dapat pula dimanfaatkan sebagai makanan ternak Yang baik nilai gizinya karena mengandung, 4 sam1pel. 22% protein dan 1,2 sampai 18,5% lemak.
Pulosari
Pulosari (Alyxia stellata) dengan sinonim Alyxia reinwa berupa tanaman pemanjat (liana) seperti rotan, tapi batang utamanya menjalar d tanah. Dari batang ini tumbuh cabang-cabang sebesar ibujari, memanjat bataxg tanaman lain. Bagian yang memanjat ini tidak berdaun. Daun dan rantingya hanya pada bagian puncak di atas pohon yang dirambatinya.
Cabang yang menjalar dekat tanah karena tak berhasil mencapai tonaman lain, akan membentuk akar dan tumbuh menjadi tanaman baru. Cabang yang berakar ini akan dapat ditanam lebih lanjut dekat tiang atau jubjunga sedbagai tempat panjatan, setelah cabang itu dipotong terlebih dulu. Sebagai anggota suku Apogynaceae seperti bunga kamboja, kulit batang pulasari juga bergetah putih susu, pahit rasanya dan sedap manis baunya. Dalam keadaan kering, kulit kayu pulasari menggulung seperti kulit kayu manis.
Pulasari di Indonesia dikenal dengan berbagai sebutan. Di Sumatera disebut Akar mempelas hari, empelas hari, mempelas hari, palasari, pulasari, talatari. Di Jawa disebut Arey palasari, arey pulasari, palasari, pulasari, das plasare, adas pulasari. Sedangkan di Nusatenggara hanya disebut Pulasari. Di Sulawesi dinamai Pulasari, calpari, calapari, balasani. Orang Maluku menebutnya Purasane.
Minyak penghangat
Adas di toko-toko obat dijual dalam bentuk minyak hasil penyulingan bijinya, yang diimpor dari Eropa dengan tarif bea masuk 10%. Bijinya memang mengandung minyak atsiri anetol, yang bersifat menghangatan, namun menghangatkannya tidak seperti ninyak kayu putih Misalaya, atau jenis minyak atsiri keren lainnya, melainkan lembut dan nyaman. Ini sesuai dengan kulit tubuh bayi dan anak balita masib serba lemah.
Karena baunya agak kurang enak, maka dalam pengobatan tradisional, adas sering dicampur dengan kulit batang yang harum dan berkasiat meredakan kejang. Pulasari mengandung minyak atsiri kumarin seperti kunyit.
Kombinasi adas-pulasari ini sampai sekarang masih banyak dipakkai mengobati anak yang sulit kencing hingga deman, suatu gejalm. yang menandai bahwa tak lama lagi anak itu akan kejang stuip bila tidak dicegah jauh sebelumnya.
obat masuk angin
Adas 0,5 sendok teh, jahe 0,75 Jari, lempuyang wangi O,25 jari,bangle, 1/3 jari,kencur 3/4 jari dan gula merah secukupnya. Direbus dengan ¾ gelas air hingga ¾ nya untuk sekali minum. Sehari 3 kali minum sampai sembuh.( Trubus.No.223)
Obat Stuip
Stuip memang bukan pemyakit berbahaya, sehingga tidak ada dokter dan obat khusus untuk Itu. Yang ada hanya obat pereda panas, dan ini sering terlalu keras bagi hati dan buah punggung (lever dan ginjal) anak balita.
Untuk mencegah stuip, dengan gejala awal sulit kencing dan demam itu, adas-pulasari merupakan jamu ringan yang dapat diterima oleh tubuh lemah si mungil.
· Ramuannya: Adas 6 butir, buah adas direbus bersama 1 jari kulit batang pulosari dan 7 butir biji anyang-anyang dalam 2 gelas air. Biarkan terus mendidih hingga tinggal 1 gelas. Setelah disaring ampasnya, air rebusan ini diminum oleh anak demam yang sulit buang air kecil. Sehari cukup sekali minum satu gelas.
Obat batuk pada anak
· untuk ini sediakan 1 butir adas, kulit batang pulasari 1 potong kecil, bawang merah 1 siung, daun saga segar 1 genggam, gula batu secukupnya. Campurkan semua dan tambahkan sedikit air, lalu ditunbuk hingga seperti bubur, dibungkus dalam daun pisang kemudian dikukus 1/2 Jam. Campuran diperas dengan kain bersih dalam gelas. Air perasan ini diminun sekaligus sebelum tidur malam.
Obat batuk pada orang dewasa
· Ambillah adas 5 butir, kulit kayu manis (Casia Vera) 1 potong, daun pegagan (Centella asiatica) segar 1 genggam, kayu angin (Usnea misanminensis) 1 genggam, gula batu sedikit. Semua dicanpur dan direbus dengan 2 geIas air, biarkan terus mendididih hingga airnya tinggal 1 gelas, disariag. Air rebusan ini diminum sedikit-demi sedikit sampai habis.
Obat batuk pada anak dan dewasa disertai pilek
· Adas 5 butir, kulit kayu manis 1 jari, daun poko (Mentha arvensis) kering (berupa serbuk) 1 sendok makan. Campuran didihkas dengan 2 cangkir air hingga airnya tinggal 1 cangkir. Disaring air rebusan ini untuk orang dewasa, diminum 1/3 cangkir, 3 kali sehari.
Obat demam
· Untuk obat demam dapat dibuat ramuan berikut. Adas 3 butir, daun pegagan segar 1 genggam, bawang merah 1 gengggam, kulit batang pulasari I potong. Rebus dengan 3 cangkir dan didihkan terus hingga diperoleh 1 cangkir.disaring dan air rebusan ini diminum sekaligus.
Obat susah kencing Karena pilek (demam)
· Ramulah adas 6 butir, biji. Anyang-anyang (Elacocarpus grandiflorus) 7 biji, kulit batang pulasari 1 jari. Semua bahan direbus dengan air 2 gelas. Biarkan terus mendidih hingga tinggal 1 gelas, sariag. Minumlah 1 gelas, satu kali setiap hari, Insya Allah anda akan sembuh.
impoten
· 10 gram adas, 25 gram pulosari, 20 gram merica (lada hitam), 10 gram bawang putih, 5 gram kunyit, ditumbuk halus jadi satu. Tambahkan air panas ½ gelas. Setelah agak dingin tambahkan 10 gram madu murni, 2 butir telur ayam kampung yang sudah dikocok. Aduk rata, minumlah menjelang tidur, selama sebulan. Setelah sebulan, pengobatan dapat diulangi dua kali dalam seminggu. (Tarmizi, B.Sc)
Frigiditas
Frigiditas merupakan keadaan Yang terjadi pada istri Yang tidak tertarik/tidak ada nafsu birahi terhadap suami.
penyebab:
Frigiditas umumnya disebabkan oleh faktor psikologis, misal,ya rumah tangga Yang tidak harmonis, tertekan, dan lain-lain.
Pengobatan:
· Daun pepaya secukupnya ditumbuk hingga halus lalu diperas airnya. 5 gram adas, I ruas jari pulosari, dan 3 butir lada hitam ditumbuk hingga halus lalu dicampur dengan kocokan 1 kuning telur ayam kampung. Adonan tersebut dicampur dengan perasan daun pepaya, aduk hing&a merata, kemudian diminum. lakukan secara teratur 2 kali sehari.

BERITA DAN WACANA

Loading...

Tumbuhan Obat

Followers