Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Saturday, June 20, 2009

Minyak jarak/minyak castor




     Minyak castor adalah minyak lemak yang diperoleh dengan pemerasan dalam suasana dingin biji Ricinus Communis.L yang telah di kupas. Minyak jarak / minyak castor mempunyai kandungan asam lemak dengan komposisi sebagai berikut
Nama Asam Lemak
Kandungan(%)
Asam ricinoleat
Asam oleat
Asam linoleat
Asam btearat
Asam dihidroksi stearat
86
8,5
7,5
0,5 – 2,O
1 - 2
Sumber :Bayley.A.E. ( 1950 )
            Pengolahan biji jarak menjadi minyak jarak dilakukan dengan proses pengepresan, pengendapan dan pemurniano Mula-mula biji jarak dikempa sehingga menghasilkan minyak jarak kasar ( Crude Castor Oil ) dengan rendemen yang dapat di oapai sekitar 40%. Vinyak yang diperoleh ini selanjutnya disaring sehingga bagian-bAgian padat yang terbawa selama pengendapall dapat dipisahkan dari minyaknya.
             Untuk memperoleh minyak jarak yang siap dipasarkan, hasil penyaringan ini dimurnikan terlebih dahulu dengan cara sebagai berikut :
a. Minyak yang:diperoleh dari proses penyaringan. selanjutnya dipucatkan warnanya dengan menggunakan arang aktif (untuk menyerap warna.
b. Tahap selanjutnya adalah deodorasi yang berfungsi untuk menghilangkan zat-zat yang mudah menguap, dan menyebabkan bau-bau tertentu.
             Tahap terakhir adalah netralisasi terhadap asam lemak bebas, yaitu dengan cara menambahkan kostik soda(NaOH) ke..dalam minyak. Kelebihan kostik soda dapat dihilangkan dengan dengan cara mencuci minyak tersebut secara terus menerus dengan menggunakan air bersih.
Sifat-sifat Minyak Jarak.
            Minyak jarak mempunyai rasa asam dan dapat dibedakan dengan trigliserida lainnya karena bobot jenisnya, kekentalan ( viskositas ) dan bilangan asetil serta kelarutannya dalam alkohol nilainya relatif tinggi. Minyak jarak larut dalam etil alkohol 95% pada suhu kamar serta pelarut organik yang polar, dan sedikit larut dalam golongan hidrokarbon alifatis. Nilai kelarutan dalam petrolium eter relatif rendah, dan dapat dipakai untuk membedakannya dengan golongan trigliserida lainnya. Kandungan tokoferol relatif kecil( 0,05%)serta kandungan asam lemak esensial yang sangat rendah menyebabkan minyak jarak tersebut berbeda dengan minyak ter nabati yang lainnya.



Sifat Fisika dan Kimia Minyak Jarak

Karakteristik Nilai
Karakteristik Nilai
Viskositas, 25 oc: U-V ( 6,3-8,8st)
Bobot jenis,"20/200C: 09957 - 09963
Bilangan asam: 0,4 – 4,O
Bilangan Penyabunan: 176 - 181
Bilangan tak tersabun: 0,7
Bilengan Iod ( Wijs): 82 - 88
Warna ( Apperance): Bening
Indek bias n25D: 1,477 – 1,478
Kelarutan dalam alkohol 20oc: jernih
Bilangan asetil: 145 - 154
Titik nyala ( Tag closecup): 230oc
Titik api: 3220 c
Titik didih: deo
Putaran optik,200 nm: +7,5sD , +9,0
Koefisien muai per OC: 0,00066
Pour point: -33oc
Tegangan permukaan pada 200C: 39,9 dyne/cm

Sumber : Bayley,A.P. (1950)

Komposisi Kimia
Biji jarak terdiri dari 75% karnel ( daging biji) dan 25%  kulit dengan komposisi sebagai berikut
Tabel. 3 Komposisi minyak Jarak
Komponen
kandungan(%)
Minyak:
Karbohidrat:
Serat:
Abu :
Protein:
54%
13
12,5
2,5
18

Sumber :Bayley,A .F ( 1950)

4.Asam Azelait
Asam azelait ( asam nonanadioat ) dihasilkan dari sintesa ester malonat dan pentametilen dibromida. Di labor dihasilkan. dari refluxing minyak jarak dengen etanol, potasium hidrosida, diasamkan dengan asam belerang, dan dioksidasi
asam ricinoleat kasar yang diperoleh dengan alkali permanganat.
KOH. Asam azelait pada industri dapat dihasilkan dengan ozonolisis asam oleat.
Reflux
Reflux merupakan alat yang dapat digunakan untuk memisahkan atau mengisolasi suatu zat dari suatu materi. Sampel yang akan dikerjakan dimasukkan ke dalam labu didih dan dipanaskan dengan kompor listrik. Selama berlangsung pemanasan zat yang akan dipisahkan akan menguap terus, karena perbedaan suhu pada pipa atau alat reflux yang sangat jauh, maka uap tersebut akan mencair kembali dan menempel pada dinding dari pipa dan turun kembali kedalam labu didih dan begitulah seterusnya bersiklus. Sampai semua campuran yang ada dalam labu tersebut dapat diuapkan.

Tumbuhan Obat

Followers