Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Monday, April 14, 2014

Susu jagung



SUSU JAGUNG







Jagung merupakan salah satu bahan makanan pokok yang memiliki kedudukan penting setelah beras bagi masyarakat Indonesia. Kandungan gizi penting pada jagung adalah karbohidrat dan lemak. Karbohidrat jagung terdiri dari pati, gula, serat kasar dan pentosan. Pati jagung terdiri dari amilosa dan amilopektin, sedangkan gulanya berupa sukrosa. Lemak jagung sebagian besar terdapat pada bagian lembaganya. Asam lemak penyusunnya terdiri dari asam lemak jenuh yang berupa palmitat dan stearat serta asam lemak tidak jenuh berupa oleat dan linoleat. Protein jagung mempunyai komposisi asam amino yang cukup baik, tetapi asam amino lisin dan triptofan terdapat dalam jumlah kecil.

Di Sumatera Barat jagung muda dikonsumsi sebagai jagung rebus dan olahan kue basah, sedangkan jagung tua hanya diolah menjadi tojin dan sebagian besar dimanfaatkan untuk bahan pakan ternak. Penganekaragaman produk olahan perlu dilakukan untuk meningkatkan nilai tambah dan pendapatan petani. Selain jagung rebus, kue basah dan tojin, jagung dapat diolah menjadi susu jagung, bubur susu jagung, cornghurt, yogurt, corn flakes dan lain-lain. Di Thailand, jagung manis banyak diolah menjadi corn milk (susu jagung). Susu nabati seperti susu jagung dibutuhkan terutama bagi orang yang alergi terhadap susu sapi. Sebagai minuman, susu jagung diharapkan dapat menyegarkan dan menyehatkan tubuh karena tidak mengandung kolesterol.

 Susu jagung diperoleh dengan cara penggillingan biji jagung yang telah direbus dalam air. Hasil penggilingan disaring untuk memperoleh filtrat yang kemudian dipasteurisasi dan diberi flavor untuk meningkatkan rasanya. Kandungan ekstrak karbohidrat dalam susu jagung dipengaruhi oleh varietas jagung, jumlah air yang ditambahkan, jangka waktu dan kondisi penyimpanan, kehalusan gilingan, dan perlakuan panas. Kelebihan susu jagung dibandingkan dengan susu sapi atau kedelai adalah bahan bakunya mudah didapat dengan harga tidak terlalu tinggi. Jagung tidak mengandung lactate intolerance (yang membuat susu bau amis). Susu jagung mengandung serat lebih banyak, cocok buat mereka yang diet.


Cara Pembuatan Susu Jagung
Susu jagung diperoleh dengan cara penggillingan biji jagung yang telah direbus dalam air. Hasil penggilingan kemudian disaring untuk memperoleh filtrat yang kemudian dipasteurisasi dan diberi flavor untuk meningkatkan rasanya. Kandungan ekstrak karbohidrat dalam susu jagung dipengaruhi oleh varietas jagung, jumlah air yang ditambahkan, jangka waktu dan kondisi penyimpanan, kehalusan gilingan, dan perlakuan panas. Selain jagung manis, bahan utama pembuatan susu jagung adalah gula pasir, CMC dan air.

Proses pembuatan susu jagung mengacu pada proses pembuatan susu kedelai dengan beberapa modifikasi. Langkah awal yang harus dilakukan adalah membersihkan dan mensortasi jagung.Jagung yang hasil sortasi lalu direbus selama beberapa menit, dilanjutkan dengan proses pemipilan biji. Jagung pipil kemudian diblender dengan penambahan gula dan air dengan rasio tertentu.Bubur jagung yang dihasilkan kemudian disaring menggunakan kain saring. Filtrat yang dihasilkan merupakan susu jagung mentah.Selanjutnya, susu dipanaskan pada suhu 70OC selama 20 menit, didinginkan dan disimpan dingin. Produk membutuhkan beberapa tahapan perlakuan lagi jika akan dikemas dalam cup, untuk menjamin keamanan produk selama distribusi dan penjualan produk.



sumber: http://sumbar.litbang.deptan.go.id
Susu Jagung
Rating Pengguna
Kalori Per Potong
: 169 kkal / porsi
Bahan:
  • 100 g jagung manis pipilan
  • 750 ml susu cair
  • 150 g gula
  • 10 cm kayu manis
  • ½ sdt garam
Cara Membuat:
  1. Di dalam blender, haluskan jagung manis dengan 500 ml susu.
  2. Masukkan adonan jagung dan sisa bahan ke dalam panci, masak hingga mendidih sambil terus diaduk. Kecilkan api dan lanjutkan memasak hingga agak mengental (15 menit). Angkat, sisihkan kayu manisnya.
  3. Sajikan hangat. (f)
Untuk: 6 porsi

Susu Jagung Femina

Resep Minuman Enak Dari Jagung | Resep Minuman Susu Jagung | Hobi Masak

Resep Minuman Enak Dari Jagung | Resep Minuman Susu Jagung | Hobi Masak. Jagung merupakan bahan makanan yang biasa kita temui dalam sereal. Jagung sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita. Diantaranya, jagung sangat baik dalam mengontrol diabetes. Selain itu masih banyak lagi manfaat yang terkandung dalam tiap biji jagung.

Mari kita intip enam manfaat jagung lainnya bagi kesehatan kita:
  • Memperbaiki pencernaan.
Jagung memiliki banyak serat yang merupakan keuntungan besar untuk pencernaan. Hal ini dapat mencegah sembelit, wasir, dan bahkan menurunkan risiko kanker usus besar.
  • Kaya mineral.
Lebih dari yang bisa Anda pikirkan, jagung mengandung sebagian besar magnesium, tembaga besi, dan yang paling penting fosfor, yang diperlukan untuk kesehatan tulang. Nutrisi ini tidak hanya mencegah tulang Anda dari retak karena Anda bertambah tua, tapi juga meningkatkan fungsi ginjal.
  • Merawat kulit.
Jagung juga kaya akan antioksidan, yang membantu dalam menjaga kulit agar awet muda. Selain dikonsumsi sebagai makanan, dapat juga digunakan minyaknya yang merupakan sumber yang kaya asam linoleat. Tepung  jagung juga berguna untuk meredakan iritasi pada kulit.
  • Mencegah anemia.
Anemia merupakan suatu kondisi dimana jumlah sel darah merah berkurang jauh karena kurangnya zat besi. Dengan demikian, jagung manis bermanfaat bagi kesehatan karena kaya akan vitamin B dan asam folat yang mencegah anemia.
  • Mengontrol kolesterol.
Kolesterol adalah zat yang diproduksi oleh hati. Ada dua jenis kolesterol, kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Peningkatan kolesterol jahat  karena asupan makanan berlemak melemahkan hati Anda dan juga dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular. Vitamin C, karotenoid dan bioflavinoids yang terkandung dalam jagung manis menjaga jantung Anda tetap sehat dengan mengendalikan kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh.
  • Penting selama kehamilan.
Resep Minuman Jagung 300x195 Resep Minuman Enak Dari Jagung | Resep Minuman Susu Jagung | Hobi Masak
Konsumsi jagung pada wanita hamil, menyediakan sumber yang kaya asam folat. Kekurangan asam folat pada wanita hamil mempengaruhi bayi. Kurangnya asam folat dalam tubuh mempengaruhi berat badan bayi. Jagung manis bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil dan bayi. Ini mencegah bayi kekurangan berat badan dan menghindari  dari cacat lainnya.

Nah, silahkan konsumsi jagung sebagai makanan Anda. Karena jagung  kaya berbagai vitamin, mineral dan serat yang penting, sehingga menurunkan risiko berbagai penyakit dan memasok tubuh Anda dengan nutrisi yang diperlukan untuk hidup sehat.
Selain itu, kami juga memiliki resep minuman segar yang menggunakan bahan dasar jagung. Tentu ini membuat selera makan anda terhadap jagung lebih variatif. Berikut resep minuman dari jagung selengkapnya.

Resep Minuman Es Jagung Manis

·         Bahan Minuman Es Jagung Manis:

o    Jagung manis 2 buah atau setara 700 gram.
o    Air 800 ml.
o    Gula pasir 400 gram.
o    Daun pandan 2 lembar.
o    Nata de coco 200 gram.
o    Es serut 400 gram.

·         Bahan Kuah Santan:

o    Santan dari ½ butir kelapa 750 ml.
o    Daun pandan 3 lembar.
o    Garam ¼ sendok teh.

·         Cara Membuat Minuman Es Jagung Manis:

o    Rebus air, gula pasir, jagung manis, dan daun pandan sampai matang.
o    Kuah santan, rebus santan, daun pandan, dan garam sambil diaduk sampai mendidih. Sisihkan.
o    Sajikan rebusan jagung manis dengan nata de coco, kuah santan, dan es serut.
Resep ini untuk sajian 8 gelas.

Resep Minuman Susu Jagung

·         Bahan Minuman Susu Jagung:

    • Jagung manis pipilan 100 gr.
o    Susu cair 750 ml.
o    Gula 150 gr.
o    Kayu manis 10 cm.
o    Garam ½ sdt.

·         Cara Membuat Minuman Susu Jagung:

o    Di dalam blender, haluskan jagung manis dengan 500 ml susu.
o    Masukkan adonan jagung dan sisa bahan ke dalam panci, masak hingga mendidih sambil terus diaduk. Kecilkan api dan lanjutkan memasak hingga agak mengental (15 menit). Angkat, sisihkan kayu manisnya.
o    Sajikan hangat.
Resep ini untuk sajian 6 porsi.

Resep Minuman Es Jagung Manis Versi 2

·         Bahan Es Jagung Manis:

o    Jagung manis 4 buah.
o    Santan kental 1000 ml.
o    Gula pasir 150 gram.
o    Es krim rasa vanila secukupnya.
o    Garam 1 sdt.
o    Kelapa muda 2 buah, dikeruk daging buahnya.
o    Daun pandan 2 lembar dan dipotong-potong.

·         Cara Membuat Es Jagung Manis:

o    Pertama, kita iris bulir jagung sampai menjadi pipilan.
o    Selanjutnya, rebus sampai jagung matang. Angkat lalu tiriskan.
o    Kemudian nyalakan kompor dan masak santan, gula pasir, garam dan daun pandan sampai mendidih.
o    Masukkan juga jagung rebus. Masak sebentar, kemudian angkat. Dinginkan.
o    Setelah dingin, buang daun pandan dari rebusan.
o    Untuk penyajian, isi gelas saji dengan es krim. Lalu sendokkan jagung bersantan ke dalamnya.
o    Beri juga daging kelapa muda dan tambahkan beberapa sendok es krim lagi di atasnya. 

Resep Es Jagung Campur

·         Bahan Es Jagung Campur:

o    Jagung manis dipipil 150 gr.
o    Air 500 ml.
o    Daun pandan 2 lb.
o    Gula 150 gr.

·         Bahan Pelengkap:

o    Nata de coco 150 gr.
o    Es serut 300 gr.
o    Susu kental manis putih 2 sdm.

·         Cara Membuat Es Jagung Campur:

o    Rebus jagung manis, air, daun pandan, dan gula sambil diaduk sampai larut. Angkat dan dinginkan.
o    Tambahkan bahan pelengkap.
o    Sajikan.
Ok, sekian dulu artikel aneka resep minuman jagung yang kami sajikan pada hari ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca juga artikel terkait resep minuman susu jahe yang sehat.

Tumbuhan Obat

Followers