Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Wednesday, January 1, 2014

ALPUKAD OBAT KENCING BATU, HEPATITIS, SARIAWAN, SAKIT PUNGGUNG, DAN SAKIT GIGI

 ALPUKAD OBAT KENCING BATU, HEPATITIS, SARIAWAN, SAKIT PUNGGUNG, DAN SAKIT GIGI
oleh Tarmizi, B.Sc


          Jus alpokad memang enak sekali rasanya, lezatnya bertambah jika ditambah gula dan susu. Didengar dari namanaya, ada orang yang mengira buah alpukad atau avokad (Persea americana Mill) atau Persea nubigena ini berasal dari ArabTernyata buah ini berasal dari Amerika tengah dengan nama Americanya avocado. Diperkirakan masuk ke Indonesia sekitar tahun 1925-an. Sekarang ada 20 jenis alpukat yang ditanam di Indonesia.
          Tanaman yang dapat diperbanyak dengan biji, okulasi, dan cara enten ini. Bila sudah dewasa, tingginya mencapai 3-10 meter. Avokad tumbuh dengan baik di lapisan tanah yang gembur dan subur, lebih bagus lagi pada iklim yang sedikit sejuk.
          Bila hendak memperbanyak melalui biji, pilihlah dari buah yang sudah cukup masak serta berasal dari pohon yang kuat dan sehat pertumbuhannya. Setelah biji dikupas, segera semaikan dalam keranjang atau kantung plastik yang telah diisi tanah bercampur kompos.
Namun perbanyakan sebenarnya paling baik dengan cara vegetatif, dengan membuat sambungan (qrafting) maupun okulasi pada batang pohon bagian bawah. Bibit kemudian ditanam dengan ukuran lubang 40 x 40 x 40 cm, dengan jarak tanam 8-10 meter.
          Tanaman yang masih muda perlu perlindungan terhadap angin, dan pemupukan dilakukan dua bulan sebelum berbunga. Pohon mulai berbuah setelah lima tahun, sampai berumur 25 tahun. Produksi tiap pohon bisa mencapai 100-120 buah per bulan.
Bermanfaat juga bagi yang kurus
          Minum jus alpukat memang segar. Satu gelas alpukat dapat membuat perut jadi kenyang. Itu karena buah alpukat banyak mengandung lemak dan berenergi tinggi. Satu gram alpukat mengandung 15,32 gram lemak, dengan energi 161 kilo kalori. Lemak alpukat memang tinggi, tapi tidak membahayakan kesehatan tubuh. Malah dapat mencegah penyakit jantung koroner. Karena alpukat mengandung kolesterol baik yang bermanfaat untuk kesehatan jantung.
Menyembuhkan kencing batu
          Bukan hanya buahnya yang lezat dan berkhasiat. Daun alpukat juga dapat menyembuhkan kencing batu. Caranya: ambil daun alpukat sebanyak empat lembar, tiga buah rimpang teki, lima tangkai daun kapuk/randu, setengah biji pinang, satu buah pala, dan tiga jari gula aren. Semua direbus dengan tiga gelas air hingga tersisa dua gelas. Minumlah 2/3 gelas, lakukan tiga kali sehari.
Mengurangi kerusakan hati
          Penyaki hepatitis banyak menyerang penduduk daerah tropis. Penyakit ini dibedakan atas hepatitis A, hepatitis B, dan hepatitis C. dengan beristirahat yang cukup, minum obat dan vitamin, hepatitis A dapat disembuhkan. Artinya tidak akan kambuh lagi. Tetapi hepatitis B dan C lain. Kedua macam hepatitis ini , walau sudah sembuh, tapi dalam darah penderita masih ada virusnya, sehingga mungkin saja bisa kambuh lagi. Menurut para peneliti dari Shizuoka University, Jepang, alpukat dapat mengurangi kerusakan hati dan juga hati yang rusak karena virus hepatitis.
Menyembuhkan sakit gigi
          Gigi berlubang menimbulkan rasa sakit yang bukan kepalang. Apalagi bila sudah sampai ke syaraf, rasa sakit yang nyut-nyutan sampai ke ubun-ubun. Sebelum ke dokter, obati dulu dengan bubuk biji alpukat alias jambou poan (demikian orang Lampung menyebutnya). Masukkan bubuk biji alpukat ke dalam lubang gigi. Rasa sakitnya akan hilang. Namun, anda mesti juga pergi ke dokter untuk menambal lubang gigi itu, agar tidak masuk lagi bakteri dan supaya lubangnya tidak melebar.
Menyembuhkan sariawan
          Penyakit sariawan memang sepele. Tapi, gara-gara lubang putih di langit-langit mulut, makan jadi tak enak. Jangan cepat jengkel. Kerok buah alpukat, beri dua sendok madu murni. Aduk merata, lalu dimakan. Setelah beberapa kali, sariawan yang menggangggu mulutmu akan cepat sembuh.
Menyembuhkan sakit punggung
          Sakit punggung dapat ditimbulkan oleh berbagai sebab. Ada karena tekanan darah tinggi, karena kelelahan, atau menjelang flu. Sebelum ke dokter, coba saja dulu diobati dengan daun alpukat. Caranya: lima helai daun alpukat direbus dengan 500 cc air hingga tersisa setengahnya. Kemudian embunkan semalaman. Minumlah keesokan paginya. Lakukan berturut-turut selama seminggu. Kalau punggung masih saja sakit, segeralah ke dokter.
Perawatan rambut
          Buah alpukat berkadar minyak nabati yang tinggi, fitosterin, lesitin, vitamin A dan D. Semua unsur tersebut sangat bermanfaat untuk perawatan kulit dan rambut. Untuk wajah, masker alpukat sangat sesuai dikonsumsi oleh kulit kering dan normal. Kadar lemak yang tinggi dapat melembabkan kulit dan melindunginya dari pengaruh sinar matahari.






          Pada rambut, Cream bath dengan buah ini sangat baik untuk melindungi helaian rambut dari pengaruh buruk sinar ultra violet. Terlebih lagi bagi rambut kering, pecah-pecah pada bagian ujung, dan rambut rapuh. Ini karena lemak yang terkandung dalam alpukat akan melindungi rambut dari gangguan polusi lingkungan. Ditambah lagi adanya vitamin yang membuat rambut jadi sehat.
          Sebagai penyubur rambut, alpukat bisa juga dijadikan bahan Cream bath. Caranya, pada rambut yang telah dicuci bersih dioleskan lumatan daging buah alpukat masak pada kulit kepala secara merata. Biarkan selama 20 menit. Setelah itu rambut dibilas kembali.

Tumbuhan Obat

Followers