Search This Blog

Loading...

Automatic translation of this blog page

Wednesday, March 6, 2013

Alat baru : FTIR

Alat baru : FTIR

admin di JURUSAN KIMIA - Kini peneliti dapat menganalisa sampel cair dan sampel padat di Jurusan Kimia Universitas Negeri Padang. Bila ada suatu zat cair tanpa label, dengan FT-IR langsung dapat dikenali dalam beberapa detik. 
Untuk memeriksa kandungan zat berkhasiat atau racun dari suatu daun tumbuhan juga dapat dilakukan dengan membawa daun segar tanpa perlakuan khusus. Tidak perlu daun itu dihancurkan, tidak diekstrak. Daun tersebut langsung discan pada alat dan akan keluar
grafik peak senyawa kimianya dan disesuaikan dengan peak pembanding atau standar. Sebagai contoh, daun nimba dan daun keladi kanker sama-sama mengandung 1.6-diamin hexane.
Dua botol zat cair tanpa label, setelah di scan langsung dikenali sebagai etanol, dan sebagai formalin.
Hebat kan??
Kami juga menerima sampel dari luar Universitas Negeri Padang untuk diteliti. Silahkan teliti tumbuhan obat di sekitar Anda, ataupun kandungan apa saja dari suatu bahan. Bahkan batuan mineral yang ada di lingkungan bukit, gunung, kebun, sungai dan sebagainya. Ada beberapa INSTRUMEN CANGGIH LAINNYA YANG DATANG BERSAMAAN KE LABORATORIUM KIMIA UNP.
Hari Senin (26/2) telah dilaksanakan training pemakaian alat FTIR/ Spektroskopi inframerah merupakan suatu metode yang mengamati interaksi molekul dengan radiasi elektromagnetik yang berada pada daerah panjang gelombang 0.75 – 1.000 ┬Ám atau pada bilangan gelombang 13.000 – 10 cm-1. Semoga dengan ini membuat riset Kimia makin maju.






















































Tumbuhan Obat

Followers